PENGARUH PENDEKATAN SAIN TIFIK MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X IPA MAN 01 BOMBANA

Aswiyani, NIM. 18010108050, A (2023) PENGARUH PENDEKATAN SAIN TIFIK MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X IPA MAN 01 BOMBANA. Diploma thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (603kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI ASWIYANI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Aswiyani, NIM. 18010108050 Pengaruh Pendekatan Saintifik Menggunakan
Media Video Pembelajaran Pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap
Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPA MAN 1 Bombana,
Dibimbing Oleh:Bapak Ir. Muragmi Gazali M.Ed, dan Bapak Syarif Rizalia
M.Pd

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui perbedaan yang
signifikan setelah penggunaan pendekatan saintifik menggunakan media video
pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X IPA di MAN 1
Bombana(2) Untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa kelas
eksperimen dan kelas kontrol kelas X IPA di MAN 1 Bombana (3) Untuk
mengetahui Pengaruh Penggunaan pendekatan saintifik menggunakan media
video pembelajaran pada materi pencemaran lingkungan terhadap keterampilan
berpikir kritis siswa kelas X IPA di MAN 1 Bombana Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif Eksperimen menggunakan desai Quasi Eksperimen. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif: Prasyarat analisis (uji
normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis (uji perbedaan dua rata-rata, uji
t berpasangan dan uji tingkat efektif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah
menggunakan pendekatan saintifik menggunakan media video pembelajaran
Biologi pada materi pencemaran lingkungan hal ini dibuktikan dengan hasil
analisis uji-t berpasangan dengan nilai t
hitung
15,4079 > t
2,080.(2) Pada pretest
keterampilan berpikir kritis siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen tidak
terdapat perbedaan yang signifikan hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji
perbedaan dua rata-rata dengan nilai t
hitung
1,026 < t
tabel
2,021 Sedangkan pada
postest hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen terdapat perbedaaan
yang signifikan hal ini dibuktikan dengan hasil uji perbedaan dua rata-rata dengan
nilai t
hitung
4,099 > t
tabel
tabel
2,021. (3) Penggunaan pendekatan saintifik menggunakan
media video pembelajaran biologi materi pencemaran lingkungan berpengaruh
meningkatkan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa berdasarkan uji NGain

pada kelas eksperimen mendapatkan nilai sebesar 0,57 (N-Gain < 0,70)
dengan kategori sedang dan persentase cukup efektif. Sedangkan pada kelas
kontrol mendapatkan nilai sebesar 0,42 (N-Gain < 0,70) dengan kategori sedag
dan persentase kurang efektif.

Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Media Video Pembelajaran, Keterampilan
Berpikir Kritis.
ABSTRACT
Aswiyani, NIM. 18010108050 The effect of the scientific approach using
learning video media on environmental pollution material on students critical
thinking skills of class X IPA MAN 1 Bombana students, guided by: Mr. Ir.
Muragmi Gazali M.ed, and Mr. Syarif Rizalia M.Pd

This study aims to find out: (1) to find out significant differences after the use of
the scientific approach using learning video media for critical thinking skills of
class X IPA students in MAN 1 Bombana (2) to find out the differences in critical
thinking skills of experimental class students and class X IPA control classes in
Man 1 Bombana (3) To find out the effect of the use of the scientific approach
using learning video media in environmental pollution material on critical
thinking skills of class X IPA students in MAN 1 Bombana This research is a
quantitative research experiment using quasi-experimental desire. Data analysis
techniques used are descriptive analysis: analysis prerequisites (normality test and
homogeneity tests) and hypothesis test (test difference two averages, paired t test
and effective level test). The results showed that: (1) There are differences in
student critical thinking skills before and after using the scientific approach using
biological learning media on environmental pollution materials this is evidenced
by the results of the Test-T analysis whit the pairs T-value of 15.4079> T- Table
2,080. (2) on Pretest Critical Thinking Skills Students Control and experimental
classes there are no significant differences this is evidenced by the results of the
two-average difference test analysis with a tcount T-value of 1,026 <t-table 2.021
while in the postest learning outcomes of the control class students and
experimental classes there are differences The significant thing is evidenced by
the test results difference between the average two with t-value 4.099> t table
2.021. (3) The use of the scientific approach to using biology learning video
biology material influential pollution material increases the critical thinking skills
of students based on the n-gain test in the experimental class got value of 0.57 (ngain
<0.70)
with
moderate
categories
and
percentages
are
quite
effective.
Whereas

in
the
control
class
got
a
value
of
0.42
(n-gain
<0.70)
with
the
sedag
category
and

the
percentage
is
less
effective.

Keywords: scientific approach, learning video media, critical thinking skills

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pendekatan Saintifik, Media Video Pembelajaran, Keterampilan Berpikir Kritis.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Media Video Pembelajaran, Keterampilan Berpikir Kritis.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 24 Jul 2023 06:24
Last Modified: 24 Jul 2023 06:24
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/226

Actions (login required)

View Item View Item