KONTRIBUSI KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DALAM PEMBELAJARAN ONLINE SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 4 KONAWE SELATAN

YOGI INDRAYADIN (17010108012), Y (2023) KONTRIBUSI KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DALAM PEMBELAJARAN ONLINE SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 4 KONAWE SELATAN. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (82kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

YOGI INDRAYADIN, NIM:17010108012, Kontribusi Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Biologi Dalam Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi COVID-19 di SMAN 4 Konawe Selatan Pembimbng: Dr. Jumarddin La Fua S.Si, M.Si. dan Hilda Ayu Melvi Amalia M.Sc.

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kecerdasan emosional peserta didik pada mata pelajaran Biologi materi struktur dan fungsi sel di SMA Negeri 4 Konawe Selatan 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi materi struktur dan fungsi sel di SMA Negeri 4 Konawe Selatan 3) Untuk menganalisis kontribusi keceredasan emosional dengan hasil belajar peserta didik SMA Negeri 4 Konawe Selatan pada mata pelajaran Biologi materi struktur dan fungsi sel dalam pembelajaran online selama masa pandemi COVID-19.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey dengan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif . Lokasi penelitian di SMAN 4 Konawe Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik XI IPA di SMAN 4 Konawe Selatan, sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu kelas XI IPA1, XI IPA2 dan XI IPA 3 sebanyak 75 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan kuesioner (angket), observasi dan dokumentasi pada peserta didik. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu tehnik analisis statistik deskriptif, tehnik analisis statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kecerdasan emosional siswa pada kelas XI MIPA di SMA Negeri 4 Konawe Selatan kecerdasan emosional siswa sebanyak 4 siswa (5%) untuk kategori sangat rendah, 20 siswa (27%) kategori rendah, 22 siswa (29%) kategori sedang, 25 siswa (34%) kategori tinggi dan 4 siswa (5%) dengan kategori sangat tinggi. 2) Tingkat hasil belajar siswa pada kelas XI MIPA di SMA Negeri 4 Konawe Selatan menunjukkan 9 siswa (12%) untuk kategori sangat rendah, 22 siswa (29%) untuk kategori rendah, 28 siswa (37%) untuk kategori sedang, 11 siswa (15%) untuk kategori tinggi dan 5 siswa (7%) untuk kategori sangat tinggi. 3) Kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa pada kelas XI MIPA di SMA Negeri 4 Konawe Selatan diperoleh nilai koefisien sederhana (r) adalah -0,337 < r tabel (0,227) dan nilai r hitung < 0 maka terdapat hubungan negatif (Rendah) antara variabel kecerdasan emosional terhadap hasil belajar biologi. Nilai thitung diperoleh sebesar -3,055 < nilai t tabel (1.655) dan nilai signifikan diperoleh sebesar 0,003 < 0,05 maka ada pengaruh secara signifikan variabel kecerdasan emosional terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 4 Konawe Selatan. variabel kecerdasan emosional memiliki kontribusi pengaruh sebesar 11,3% terhadap variabel hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 4 Konawe Selatan
ABSTRACT

YOGI INDRAYADIN, NIM :17010108012, Contribution of Emotional Intelligence to Biology Learning Outcomes in Online Learning During the COVID-19 Pandemic at SMAN 4 Konawe Selatan Supervisor: Dr. Jumarddin La Fua S.Si, M.Sc. and Hilda Ayu Melvi Amalia M.Sc.

The aims of this study are 1) To determine the emotional intelligence of students in the subject of Biology, the material of cell structure and function at SMA Negeri 4 Konawe Selatan 2) To find out student learning outcomes in Biology subjects, cell structure and function in SMA Negeri 4 Konawe Selatan 3) To analyze the contribution of emotional intelligence with the learning outcomes of students of SMA Negeri 4 Konawe Selatan in Biology subjects, material on cell structure and function in online learning during the COVID-19 pandemic.
This research uses survey research with quantitative descriptive research approach . The research location is at SMAN 4 Konawe Selatan. The population in this study were all students of XI IPA at SMAN 4 Konawe Selatan, the samples used in this study were class XI IPA1, XI IPA2 and XI IPA 3 as many as 75 samples. Data collection techniques used in this study using a questionnaire (questionnaire) , observation and documentation on students. The data analysis technique used is descriptive statistical analysis technique, inferential statistical analysis technique .
The results showed that: 1) The level of emotional intelligence of students in class XI MIPA at SMA Negeri 4 Konawe Selatan emotional intelligence of 4 students (5%) for the very low category, 20 students (27%) in the low category, 22 students (29%) ) medium category, 25 students (34%) in high category and 4 students (5%) in very high category. 2) The level of student learning outcomes in class XI MIPA at SMA Negeri 4 Konawe Selatan shows 9 students (12%) for the very low category, 22 students (29%) for the low category, 28 students (37%) for the medium category, 11 students (15%) for the high category and 5 students (7%) for the very high category. 3) Emotional intelligence with student learning outcomes in class XI MIPA at SMA Negeri 4 Konawe Selatan obtained a simple coefficient value (r) is -0.337 < r table (0.227) and r count value < 0 then there is a negative relationship (Low) between emotional intelligence variables and biology learning outcomes. The tcount value is -3.055 < t table value (1.655) and a significant value is obtained at 0.003 <0.05, so there is a significant influence on the emotional intelligence variable on the biology learning outcomes of students of class XI MIPA at SMA Negeri 4 Konawe Selatan. emotional intelligence variable has an influence contribution of 11.3% on the variable of biology learning outcomes for students of class XI MIPA at SMA Negeri 4 Konawe Selatan and the rest is influenced by other factors not discussed in this study.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: kecerdasan emosional, hasil belajar
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, hasil belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 13 Dec 2023 01:55
Last Modified: 13 Dec 2023 01:55
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2378

Actions (login required)

View Item View Item