PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KETEPATAN WAKTU PENGIRIMAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN J&T EXPRESS KECAMATAN POLEANG KABUPATEN BOMBANA

Selviana, Nim: 19050101138,, S (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KETEPATAN WAKTU PENGIRIMAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN J&T EXPRESS KECAMATAN POLEANG KABUPATEN BOMBANA. Diploma thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (270kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (624kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (532kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (233kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Nama Selviana, Nim: 19050101138, “Pengaruh Kualitas Pelayanan,
Ketepatan Waktu Pengiriman dan fasilitas terhadap kepuasan
pelanggan J&T Express Kecamatan Poleang Kabupaten
Bombana”, dibimbing Oleh Alfian Toar SP, MM, dan Agus Prio
Utomo SE, M.SI

Penelitian ini dilakukan karena peneliti ingin membuktikan
masalah yang terjadi dilapangan setelah dilakukannya observasi yaitu
masalah ketepatan waktu dalam pengantaran barang di J&T Express
Kecamatan poleang Kabupaten Bombana.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas
Pelayanan, Ketepatan Waktu Pengiriman, Dan Fasilitas Terhadap
Kepuasan Pelanggan J&T Express Kecamatan Poleang Kabupaten
Bombana. Adapun manfaat penelitian ini ada dua yaitu manfaat teoritis
(ilmu bagi pembaca) dan manfaat praktis (bagi peneliti dan bagi
program studi sebagai informasi tambahan, bagi perusahaan sebagai
masukan).
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan
menggunakan penelitian survey. Dalam penelitian survey informasi
yang dikumpulkan dari responden menggunakan kuesioner. Instrumen
penelitian ini ada empat yang pertama Kualitas Pelayanan, kedua
Ketepatan Waktu Pengiriman, ketiga Fasilitas dan keempat Kepuasan
Pelanggan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pertama
data primer berupa kuesioner dan dokumentasi kedua data sekunder.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu pertama uji kualitas data
berupa uji validitas dan reabilitas, kedua uji asumsi klasik berupa uji
normalitas, multikolinearitas, heterokedastisitas dan uji bivariat, ketiga
uji regresi linear berganda dan yang keempat uji hipotesis berupa uji t,
uji f dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian pada J&T Express di kecamatan poleang,
kabupaten bombana menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (X1)
terhadap kepuasan pelanggan (Y) dengan nilai signikansi sebesar 0,023
< 0,1 berpengaruh signifikan, ketepatan waktu pengiriman (X2)
terhadap kepuasan pelanggan (Y) dengan nilai signikansi sebesar 0,001
< 0,1 berpengaruh signifikan dan fasilitas (X3) terhadap kepuasan pelanggan (Y) dengan nilai signikansi sebesar 0,034 < 0,1 maka
berpengaruh positif dan signikan terhadap kepuasan pelanggan (Y).
Adapun secara simultan hasil penelitian pada J&T Express di
kecamatan poleang, kabupaten bombana menunjukkan bahwa kualitas
pelayanan (X1), ketepatan waktu pengiriman (X2) dan fasilitas (X3)
terhadap kepuasan pelanggan (Y) dengan nilai signifikansi sebesar
0,000 < 0,05 maka dapat disumpulkan bahwa terdapat pengaruh
variabel independen X1, X2, X3 terhadap variabel dependen Y.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu Pengiriman,
Fasilitas, Kepuasan pelanggan.

ABSTRACT

Name Selviana, Nim: 19050101138, “The Influence of Service
Quality, Timeliness of Delivery and Facilities on J&T Express
customer satisfaction, Poleang District, Bombana Regency”,
supervised by Alfian Toar SP, MM, and Agus Prio Utomo SE, M.SI

The research was conducted because researchers wanted to
prove the problems that occur in the field after making observations,
namely the problem of timeliness in delivering goods at J&T Express
Kecamatan Poleang Kabupaten Bombana.
This study aims to determine the effect of service quality,
timeliness of delivery, facilities, and customer satisfaction at J&T
Express Kecamatan Poleang Kabupaten Bombana. As for the benefit of
this research, there are two theoretical benefits (knowledge for readers)
and practical benefits (for researchers and study programs as additional
information for companies as input).
This type of research is quantitative research, using survey
research, and information was collected from respondents using a
questionnaire. There are four research instruments, the first is service
quality, the second is the timeliness of delivery, the third is facilities,
and the fourth is customer satisfaction. The data collection technique
used is the first primary data in the form of questionnaires and
documentation, and the second is secondary data. The data analysis
technique used is first to test data quality in the form of validity and
reliability tests, secondly to test classical assumptions in the form of
normality, multicollinearity, heteroscedasticity, correlation tests, thirdly
multiple linear regression tests and fourthly to test the hypothesis in the
form of t-tests, f tests and coefficient of determination.
The results of research on J&T Express in kecamatan poleang,
kabupaten bombana district show that service quality (X1) on customer
satisfaction (Y) with a significance value of 0,023 < 0,05 has a
significant effect, timely delivery (X2) on customer satisfaction (Y)
with the value of 0,001 < 0,05 means a positive and significant effect
on customer satisfaction (Y). Simultaneously, the results of J&T
Express research in the poleang sub-district, Bombana district show
that service quality (X1), timeliness of delivery (X2), and facilities (X3) affect customer satisfaction (Y) with a significance value of 0.000 <
0.05, so it can be concluded that there is an influence of the
independent variables X1, X2, X3 on the dependent variable Y.

Keywords: Service Quality, Delivery Timeliness, Facility, Customer
Satisfaction.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu Pengiriman, Fasilitas, Kepuasan pelanggan.
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu Pengiriman, Fasilitas, Kepuasan pelanggan.
Subjects: Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 01 Aug 2023 01:24
Last Modified: 01 Aug 2023 01:24
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/248

Actions (login required)

View Item View Item