STRATEGI PEMASARAN DEPOSITO MUDHARABAH BANK MUAMALAT INDONESIA KANTOR CABANG KENDARI

AMIRULLAH, A STRATEGI PEMASARAN DEPOSITO MUDHARABAH BANK MUAMALAT INDONESIA KANTOR CABANG KENDARI. Working Paper. IAIN Kendari. (In Press)

[img] Text
JURNAL AMIRULLAH.pdf

Download (263kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran Deposito Mudharabah Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Kendari. Dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif field researh. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan terlibat (Participating Observer), wawancara mendalam (In-Depth Interview) dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data Display), klasifikasi data dan verifikasi (Verification), dengan pengujian keabsahan data menggunakan tehnik triangulasi sumber dan triangulasi tehnik.
Hasi penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran yang digunakan Bank Muamalat Indonesia dalam memasarkan tabungan Deposito Mudharabah adalah dengan menggunakan strategi pemasaraan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) yaitu dengan menggunakan strategi 4P : 1) Produk (Produt) 2) Harga (Price) 3 Tempat (Place) 4) Promosi (Promotion). Bank Muamalat Juga memanfaatkan media online, brosur, mengikuti event, melakukan open table, melakukan kegiatan / sosialisasi Islami, penjualan secara personal yang dilakukan langsung oleh SDM Bank Muamalat.
Selain itu, kesimpulan menunjukan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Bank Muamalat memiliki dampak positif terhadap peningkatan minat nasabah pada produk deposito mudharabah. Strategi harga adalah strategi yang diandalkan oleh Bank Muamalat dalam memasarkan produk deposito mudharabah dengan kompetitifnya nisbah yang diberikan dan setoran awal yang ringan Pemasaran produk melalui media online, brosur, mengikuti event, open table, kegiatan islami, penjualan secara personal juga memberi pengaruh terhadap peningkatan minat nasabah produk deposito mudharabah.
Adapun yang menjadi salah satu pendukung dalam memasarkan produk tabugan deposito Mudharabah yaitu produk tabungan deposito Mudharabah adalah tabungan berjangka dimana tabungan nasabah akan diputar ke sektor produktif kemudian keuntungannya akan dibagi hasilkan dengan nisbah dan waktu yang sudah disepakati. Namun yang masih menjadi hambatan dalam pemasarannya yaitu dimana pemahaman masyarakat yang masih minim terkait dengan perbedaan tabungan Deposito Mudharabah yang ada di Bank Muamalat Kc Kendari dengan tabungan Deposito yang ada pada Bank Konvensional.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: Ekonomi > Ekonomi
Ekonomi > Bank Islam
Ekonomi > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 06 Jun 2024 04:06
Last Modified: 06 Jun 2024 04:06
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2629

Actions (login required)

View Item View Item