TINGKAT PEMAHAMAN NASABAH TERHADAPM-BANKING (MOBILE BANKING) BSI DI KOTA RAHA

Asnawia, A TINGKAT PEMAHAMAN NASABAH TERHADAPM-BANKING (MOBILE BANKING) BSI DI KOTA RAHA. Working Paper. IAIN Kendari. (In Press)

[img] Text
JURNAL ASNAWIA.pdf

Download (327kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang membahas tentang Tingkat
Pemahaman nasabah terhadap M-banking (Mobile banking) BSI di Kota Raha. Tujuan
Penelitian ini adalah Untuk mengetahui 1) Bagaimana tingkat pemahaman nasabah
generasi milenial di kota Raha terhadap mobile banking BSI. 2) Faktor-faktor apa
saja yang mempengaruhi ketidakfahaman nasabah generasi milenial di Kota Raha
terhadap Mobile banking BSI. Penelitian ini mengguankan jenis penelitian kualitatif
deskriptif dengan metode penelitian lapangan ( field research). Jenis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan
atau narasumber dalam penelitian ini yaitu masyarakat/nasabah generasi milenial di kota
Raha. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah redukasi data, penyajian data, dan
penerikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Tingkat
Pemahaman masyarakat Kota Raha khususnya pada nasabah generasi milenial terhadap
mobile banking, yaitu ternyata masih banyak nasabah generasi milenial yang tidak
paham tentang mobile banking. Dimana nasabah generasi milenial tersebut belum
mampu menginterpretasikan mobile banking, mencontohkan penggunaan m-banking,
menjelaskan cara penggunaan mobile banking, membadingkan antara yang
menggunakan mobile banking dan yang tidak menggunakan, mengklasifikasikan mobile
banking dan menyimpulkan. Tetapi ada juga nasabah generasi milenial yang sudah
paham dan cukup paham tentang mobile banking di mana yang paham sudah mampu
menjelaskan semua hal yang terkait dengan mobile banking. Sedangkan yang cukup
paham informan tersebut hanya mampu menjelaskan mobile banking. Dari 28 informan
yang masuk kategori paham berjumlah 21% cukup paham berjumlah 14%, sedangkan
yang tidak paham berjumlah 65%. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi
ketidakfahaman nasabah generasi milenial di Kota Raha terhadap Mobile banking yaitu
Faktor Jaringan, Infrastruktur, Pekerjaan, Lingkungan dan Informasi

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: Ekonomi > Ekonomi
Ekonomi > Ekonomi Digital
Ekonomi > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 06 Jun 2024 04:28
Last Modified: 06 Jun 2024 04:28
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2635

Actions (login required)

View Item View Item