PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KETEPATAN WAKTU PENGIRIMAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN J&T EXPRESS KECAMATAN POLEANG KABUPATEN BOMBANA

selviana, selviana PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KETEPATAN WAKTU PENGIRIMAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN J&T EXPRESS KECAMATAN POLEANG KABUPATEN BOMBANA. Working Paper. IAIN Kendari. (In Press)

[img] Text
JURNAL SELVIANA.pdf

Download (974kB)

Abstract

Penelitianini dilakukankarena peneliti ingin membuktikanmasalah yang terjadi
dilapangan setelah dilakukannya observasi yaitu masalah ketepatan waktu dalam
pengantaran barang di J&T Express Kecamatan poleang Kabupaten Bombana.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan,
Ketepatan Waktu Pengiriman, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan J&T
Express Kecamatan Poleang Kabupaten Bombana. Adapun manfaat penelitian ini ada
dua yaitu manfaat teoritis (ilmu bagi pembaca) dan manfaat praktis (bagi peneliti dan
bagi program studi sebagai informasi tambahan, bagi perusahaan sebagai masukan).
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan
penelitian survey. Dalam penelitian survey informasi yang dikumpulkan dari responden
menggunakan kuesioner. Instrumen penelitian ini ada empat yang pertama Kualitas
Pelayanan, kedua Ketepatan Waktu Pengiriman, ketiga Fasilitas dan keempat Kepuasan
Pelanggan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pertama data primer
berupa kuesioner dan dokumentasi kedua data sekunder. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu pertama uji kualitas data berupa uji validitas dan reabilitas, kedua uji
asumsi klasik berupa uji normalitas, multikolinearitas, heterokedastisitas dan ujibivariat,
ketiga uji regresi linear berganda dan yang keempat uji hipotesis berupa uji t, uji f dan
uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian pada J&T Express di kecamatan poleang, kabupaten bombana
menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (X1) terhadap kepuasan pelanggan (Y) dengan
nilaisignikansisebesar0,023<0,1berpengaruhsignifikan,ketepatanwaktupengiriman (X2)
terhadap kepuasan pelanggan (Y) dengan nilai signikansi sebesar 0,001 < 0,1
berpengaruhsignifikan dan fasilitas (X3)terhadap kepuasan pelanggan (Y) dengan nilai
signikansi sebesar 0,034 < 0,1 maka berpengaruh positif dan signikan terhadapkepuasan
pelanggan (Y). Adapun secara simultan hasil penelitian pada J&T Express di kecamatan
poleang, kabupaten bombana menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (X1), ketepatan
waktu pengiriman (X2) dan fasilitas (X3) terhadap kepuasan pelanggan (Y) dengan nilai
signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disumpulkan bahwa terdapat pengaruh
variabel independen X1, X2, X3 terhadap variabel dependen Y.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: Ekonomi > Bank Islam
Ekonomi > Ekonomi Islam
Ekonomi > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 06 Jun 2024 06:11
Last Modified: 06 Jun 2024 06:11
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2650

Actions (login required)

View Item View Item