Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Pada Keterampilan Berbicara Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Darul Mukhlisin Kendari

Inang, Inang Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Pada Keterampilan Berbicara Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Darul Mukhlisin Kendari. Working Paper. IAIN Kendari. (In Press)

[img] Text
Inang 03-07-2022.docx

Download (40kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui: 1) Proses pembelajaran bahasa Arab siswa pada keterampilan berbicara. 2) Problematika apa saja yang dihadapi siswa dalam mempelajari bahasa Arab pada keterampilan berbicara. 3) Upaya-upaya apa saja yang dilakukan guru dan siswa dalam mengatasi problematika yang dihadapi siswa kelas XI Madrasah Aliyah Darul Mukhlisin Kendari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pembelajaran dilakukan dengan menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 2) Metode yang digunakan guru yakni metode ceramah. metode soal dan jawab, metode menjodohkan kata dan metode penyusunan kata. 3) Adapun upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika yang dihadapi siswa yaitu meningkatkan motivasi siswa untuk terus mengembangkan minat belajar bahasa Arab, memberikan kosakata dan memberikan teks percakapan dan siswa mempraktekkan di depan kelas agar guru dan teman-teman yang lain bisa membenarkan makharijul huruf. Juga memberikan teks bacaan dan menerjemahkan secara bersama-sama serta melakukan kegiatan istima’ dengan memutarkan percakapan melalui speaker.
Sedangkan upaya yang dilakukan siswa sendiri dalam mengatasi problematika belajar bahasa Arab yaitu menyimak dan memperhatikan materi yang dijelaskan oleh guru bahasa Arab dengan baik serta mencatat poin penting terkait materi yang diajarkan, memperbanyak membaca buku atau kamus bahasa Arab, memperbanyak kosakata dan mendengarkan serta latihan percakapan bahasa Arab. Juga melakukan pengulangan berkelanjutan terhadap setiap materi yang diperoleh di kelas, menghafal kosakata agar bisa menerjemahkan teks bahasa Arab serta bertanya kepada guru, senior maupun teman-teman di kelas.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: BAHASA ARAB
Depositing User: Unnamed user with username FATIK
Date Deposited: 11 Jun 2024 03:44
Last Modified: 11 Jun 2024 03:44
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2689

Actions (login required)

View Item View Item