“PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI ALJABAR”

Aini Nur Sholikhah, NIM : 2020010110020, A (2024) “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI ALJABAR”. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (9MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (9MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (9MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (9MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (9MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
Aini Nur Sholikhah, NIM : 2020010110020. “Penerapan Model
Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading And Composition
(CIRC) Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Peserta Didik
Pada Materi Aljabar” Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut
Agama Islam Negri (IAIN) Kendari. Dibimbing oleh: Muhammad Syarwa
Sangila S.Pd, M.Pd dan Firman Riansyah M.Sc
Model Pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan
pemahaman matematika salah satunya adalah model pembelajaran CIRC.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran
matematika pada materi aljabar dengan model CIRC maupun model
Konvensional. 2) Untuk mengetahui deskripsi data pemahaman matematika
peserta didik VII di SMP Negeri 9 Kendari yang diajar dengan model
pembelajaran CIRC dan model pembelajaran konvensional. 3) Untuk mengetahui
pengaruh penerapan model pembelajaran CIRC terhadap pemahaman matematika
peserta didik kelas VII di SMP Negeri 9 Kendari. 4) Untuk mengetahui pengaruh
penerapan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman matematika
peserta didik kelas VII di SMP Negeri 9 Kendari. 5) Untuk mengetahui perbedaan
pengaruh penerapan model pembelajaran CIRC dan model pembelajaran
konvensional terhadap pemahaman matematika peserta didik kelas VII di SMP
Negeri 9 Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi
eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan non random sampling
(dengan teknik pengambilan sampel quota sampling) dan random sampling. Hasil
penelitian ini. menunjukkan bahwa:1) Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran
dengan model CIRC mencapai 96,15% dan rata-rata keterlaksanaan model
pembelajaran konvensional mencapai 95,45%. 2) Pemahaman matematika peserta
didik yang diajar menggunakan model pembelajaran CIRC sebagian besar berada
pada tingkat sedang dengan persentase N-Gain 60%. Pemahaman matematika
peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional
mengalami peningkatan dan penurunan dimana sebagian besar berada pada
tingkat rendah dengan persentase N-Gain 52% dan penurunan sebesar 8%. 3) Ada
pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap pemahaman matematika peserta
didik. 4) Ada pengaruh model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman
matematika peserta didik. 5) Ada perbedaan pengaruh pengaruh penerapan model
CIRC dengan penerapan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman
matematika peserta didik.
Kata kunci: Pemahaman Matematika; Model pembelajaran CIRC.

ABSTRACT
Aini Nur Sholikhah, NIM: 2020010110020. "Application of Cooperative
Integrated Reading And Composition (CIRC) Learning Model to Improve
Students' Mathematical Understanding of Algebraic Material" Faculty of
Tarbiyah and Teaching Science, Institut Agama Islam Negri (IAIN) Kendari.
Supervised by: Muhammad Syarwa Sangila S.Pd, M.Pd and Firman Riansyah
M.Sc.
One of the learning models that can help students in improving their
understanding of mathematics is the CIRC learning model. This study aims to: 1)
To find out the mathematics learning process in algebra material with the CIRC
model and the Conventional model. 2) To find out the description of mathematics
comprehension data of VII students at SMP Negeri 9 Kendari who are taught with
the CIRC learning model and the conventional learning model. 3) To find out the
influence of the application of the CIRC learning model on the mathematical
understanding of grade VII students at SMP Negeri 9 Kendari. 4) To find out the
effect of the application of conventional learning models on the mathematical
understanding of grade VII students at SMP Negeri 9 Kendari. 5) To find out the
difference in the influence of the application of the CIRC learning model and the
conventional learning model on the mathematical understanding of grade VII
students at SMP Negeri 9 Kendari. This study is a quasi-experimental quantitative
research. The sampling technique uses non-random sampling (with quota
sampling techniques) and random sampling. The results of this study. showed
that: 1) The average implementation of learning with the CIRC model reached
96.15% and the average implementation of the conventional learning model
reached 95.45%. 2) The mathematical understanding of students taught using the
CIRC learning model was mostly at a moderate level with an N-Gain percentage
of 60%. The mathematical understanding of students taught using conventional
learning models has increased and decreased, most of which are at a low level
with an N-Gain percentage of 52% and a decrease of 8%. 3) There is an influence
of the CIRC learning model on students' understanding of mathematics. 4) There
is an influence of conventional learning models on students' understanding of
mathematics. 5) There is a difference in the influence of the application of the
CIRC model and the application of the conventional learning model on students'
understanding of mathematics.
Keywords: Mathematical Understanding; CIRC learning model.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata kunci: Pemahaman Matematika; Model pembelajaran CIRC
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pemahaman Matematika; Model pembelajaran CIRC
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 22 Aug 2024 03:00
Last Modified: 22 Aug 2024 03:00
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2901

Actions (login required)

View Item View Item