PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBENTUK PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MABAHRUL MUBARAK TORONIPA KABUPATEN KONAWE

Moelidya Riskayanti. NIM. 16010108056, M (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBENTUK PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MABAHRUL MUBARAK TORONIPA KABUPATEN KONAWE. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
cover beserta halaman yang ada didepannya.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (639kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (203kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (244kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (20MB)

Abstract

ABSTRACT
Moelidya Rizkayanti. NIM. 16010108056. The Effect Of Biology Learning
Media in The Form Of Snakes and Ladders Game on Increasing Motivation
and Learning Outcomes of Class X MA Bahrul Mubarak Toronipa Students.
Supervised By: Dr. Abdul Kadir, M.Pd
The aim of the study: 1) To know the different of learning motivation that
taught by using learning media in the form snakes and ladders game and
conventional model in X MA Bahrul Mubarak. 2) To know the different of learning
outcomes that taught by using learning media in the form snakes and ladders game
and conventional model in X MA Bahrul Mubarak.
This research is a Quasi-Experimental research. The sample of this research
are 29 students of X IPS1 and 28 students of X IPS2. The instruments that used in
this research are observation, questionnaires and tests. The data analysis technique
used is descriptive analysisnand inferential statistical analysis with t-tes, after
testing the requirements (normality and homogeneity).
The results showed that: 1) the use of learning media in the form of a snakes
and ladder game which was applied to the experimental class was more affective in
improving students learning motivation than the conventional model that applied to
the control class. 2) students learning outcomes that use learning media in the form
of snakes and ladders games show that the experimental class is more effective in
improving students learning outcomes than the conventional model that applied to
the control class. Inferential analysis result using the t-test for learning motivation
got tcounting > ttable, therefor H0 rejected, so that there are differences in learning
motivation using learning media and without learning media. Learning outcomes
have tcounting > ttable then H0 rejected, thus there is an influence of learning media in
the form of a snake and ladder game on the learning outcomes of class X IPS MA
Bahrul Mubarak students. So that can be conclude that the use of snake and ladder
game learning media is more affective in improving student motivation and
learning outcomes.
ABSTRAK
Moelidya Riskayanti. NIM. 16010108056. Pengaruh Media Pembelajaran
Biologi Berbentuk Permainan Ular Tangga Terhadap Peningkatan Motivasi
dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MA Bahrul Mubarak Toronipa. Dibimbing
Oleh: Dr. Abdul Kadir M.Pd
Tujuan penelitian adalah untuk: 1) Mengetahui perbedaan motivasi
belajar siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran berbentuk permainan
ular tangga dan model konvensional di kelas X MA Bahrul Mubarak Toronipa. 2)
Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media
pembelajaran berbentuk permainan ular tangga dan model konvensional di kelas X
MA Bahrul Mubarak Toronipa.
Penelitian ini merupakan penelitian Kuasi Eksperimen. Sampel
penelitian ini adalah kelas X IPS1 yang berjumlah 29 siswa dan kelas X IPS2
berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan berupa observasi, angket dan test.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik
inferensial dengan uji-t, setelah melakukan uji persyaratan yaitu (normalitas dan
homogenitas).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran
berbentuk permainan ular tangga yang diterapkan pada kelas eksperimen lebih
efektif meningkatkan motivasi belajar siswa dari pada model konvensional yang
diterapkan pada kelas kontrol. Sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan
media pembelajaran berbentuk permainan ular tangga menunjukkan bahwa kelas
eksperimen lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa dari pada model
konvensional yang diterapkan pada kelas kontrol. Hasil analisis inferensioal
menggunakan uji-t yaitu untuk motivasi belajar memiliki thitung > ttabel maka H0
ditolak, sehingga ada perbedaan motivasi belajar yang menggunakan media
pembelajaran dan tanpa media pembelajaran. Hasil belajar memiliki thitung > ttabel
maka H0 ditolak, dengan demikian terdapat poengaruh media pembelajaran
berbentuk permainan ular tangga terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X
IPS MA Bahrul Mubarak. Sehingga dapat dikatakan penggunaan media
pembelajaran permainan ular tangga lebih efektif meningkatkan motivasi dan hasil
belajar siswa

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Media Pembelajaran Biologi
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Biologi
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 23 Aug 2024 07:36
Last Modified: 23 Aug 2024 07:36
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2918

Actions (login required)

View Item View Item