PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PERBANKAN SYARIAH DI PT BSI KC. KENDARI MT HARYONO

Desvira, Nurvakila PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PERBANKAN SYARIAH DI PT BSI KC. KENDARI MT HARYONO. Working Paper. IAIN Kendari. (In Press)

[img] Text
JURNAL NURVAKILA DESVIRA.pdf

Download (394kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Persepsi Masyarakat Terhadap
Perbankan Syariah di PT. BSI KC Kendari MT Haryono dengan rumusan masalah
: (1) Bagaimana persepsi masyarakat kota Kendari terhadap Bank Syariah
Indonesia (BSI) KC. Kendari MT Haryono?. (2) Faktor apa saja yang
mempengaruhi persepsi masyarakat kota Kendari dalam menggunakan Bank
Syariah Indonesia (BSI) KC. Kendari MT Haryono?. (3) Bagaimana strategi
promosi yang dilakukan oleh BSI dapat mempengaruhi perspesi masyarakat kota
Kendari terhadap PT. BSI KC Kendari MT Haryono?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat kota
Kendari terhadap Bank Syariah Indonesia (BSI) KC. Kendari MT Haryono. Selain
itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang
mempengaruhi persepsi masyarakat kota Kendari dalam menggunakan Bank
Syariah Indonesia (BSI) KC. Kendari MT Haryono. Serta untuk mengetahui
strategi promosi yang dilakukan oleh BSI dapat mempengaruhi perspesi
masyarakat kota Kendari terhadap PT. BSI KC Kendari MT Haryono.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif.Teknik pengumpulan
data yang dilakukan dengan melalui wawancara semi-terstruktur, observasi, dan
dokemntasi.Teknik Analisis data yang dilakukan menggunakan teknik reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan pengujian keabsahan data
menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Persepsi masyarakat kota Kendari
terhadap Bank Syariah Indonesia (BSI) KC. Kendari MT Haryono yaitu
masyarakat memahami bahwa BSI merupakan bank yang menerapkan sistem
syariah yang bebas riba, tidak memiliki potongan saldo sesuai dengan syariat
Islam. (2) Faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat kota Kendari dalam
menggunakan Bank Syariah Indonesia (BSI) KC. Kendari MT Haryono yaitu
terdiri dari dua faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal
antara lain keinginan nasabah untuk hijrah ke bank yang sesuai Syariat Islam dan
BSI sendiri merupakan bank yang produk dan pelayanannya bagus. Adapun faktor
eksternalnya berasal dari lingkungan yaitu rekomendasi teman, kerabat, atau
informasi dari media iklan BSI. (3) Strategi promosi yang dilakukan oleh BSI
dalam memperkenalkan produknya yaitu melakukan promosi langsung melalui
sosialisasi ke instansi pemerintah dan masjid-masjid untuk melakukan pendekatan
ke masyarakat muslim terlebih dahulu yang bertujuan memperkenalkan
masyarakat bahwa BSI mampu bersaing dengan bank-bank besar lainnya.
Promosi juga dilakukan degan melalui tayangan atau poster yang disebarkan
melalui media sosial dan media cetak.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: Ekonomi > Bank Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 10 Sep 2024 12:55
Last Modified: 10 Sep 2024 12:55
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2993

Actions (login required)

View Item View Item