MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIK ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BOX GEOMETRI KELOMPOK B DI TK KANATUL A’IN DESA WAGINOPO

Waode Endang Mega Putri Pratiwi. NIM. 17010105007., W (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIK ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BOX GEOMETRI KELOMPOK B DI TK KANATUL A’IN DESA WAGINOPO. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (756kB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Waode Endang Mega Putri Pratiwi. NIM 17010105007. Meningkatkan
Kemampuan Matematik Anak Usia Dini Melalui Media Box Geometri
Kelompok B Pada Anak Di Tk Kanatul A'in Desa Waginopo Dibimbing oleh:
Dr Muh Shaleh M. Pd dan Rasmi S Ag, M.SI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meningkatkan kemampuan
matematik anak usia dini melalui media box geometri kelompok B Di TK Kanatul
A'in Desa Wagmopo, Kec. Wangi-wangi, Kabupaten Wakatobi untuk menganalisis
apa saja Faktor yang mempengeruhi perkembangan kognitif anak dalam mengenal
bentuk-bentuk geometri Data dikumpulkan melalui observasi wawancara dan
dokumentasi. Penelitian ini mengguanakan teknik penelitian PTK Penelitian
tindakan kelas ini akan diuraikan dalam 2 siklus masing-masing akan dilakukan
dalam 3 kali pertemuan dengan empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan,
observası, dan refleksi pada tiap-tiap siklusnya. Dengan begitu, maka penelitian
dianggap berhasil mencpai ketutasan setelah dilakukan upaya perbaikan pada
proses pembelajaran Adapun factor yang mempengaruhi anak dalam mengenal
bentuk geometri yaitu anak masih kurang dalam hal memahami, menggambarkan
dan mendeskripsikan benda-benda yang ada di sekitarnya di atas dapat simpulkan
bahwa penggunaan media yang fungsional dan kreatif dengan menggunakan media
yang berwarna-warni dapat meningkatkan kemampuan visual anak dalam
mengenal bentuk-bentuk geometri di mana media yang di gunakan sama-sama
untuk melatih koordinası mata, visual dan daya ingat anak serta sama-sama mampu
meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bentuk-bentuk geometri tersebut
Maka temuan pada penelitian ini dan temuan pada penelitian-penelitian sebelumnya
dapat di simpulkan bahwa media yang di guanakan sangat tepat sebagai salah satu
sarana media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan matematik anak
dalam mengenal bentuk-bentuk geometri usia dini 5-6 tahun.
Kata Kunci: Kecerdasan matematikanak usia dini, Bentuk-bentuk Geometri

ABSTRACT
Waode Endang Mega Putri Pratiwi. NIM. 17010105007. Improving Early
Childhood Mathematics Abilities Through Group B Geometry Media Boxes
in Children at Kanatul A'in Kindergarten, Waginopo Village. Supervised by:
Dr. Muh. Shaleh M.Pd and Rasmi S.Ag.. M.SI
This research aims to determine and improve the mathematical abilities of
early childhood through group B geometry box media at Kanatul A'in Kindergarten,
Waginopo Village, District. Wangi-wangi, Wakatobi Regency to analyze what
factors influence children's cognitive development in recognizing geometric
shapes. Data was collected through observation, interviews and documentation.
This research uses PTK research techniques. This classroom action research will be
described in 2 cycles, each will be carried out in 3 meetings with four stages,
namely: planning, implementation, observation and reflection in each cycle. In this
way, the research is considered successful in achieving completeness after efforts
to improve the learning process are made. The factors that influence children in
recognizing geometric shapes are that children are still lacking in understanding,
describing and describing objects around them. The above can be concluded that
the use of functional and creative media using colorful media can improve visual
abilities, children in recognizing geometric shapes where the media used is both to
train children's eye coordination, visual and memory and are equally able to
improve children's ability to recognize these geometric shapes. So the findings in
this research and the findings in previous studies can be concluded that the media
used is very appropriate as a means of learning media to improve children's
mathematical abilities in recognizing geometric shapes at an early age of 5-6 years.
Keywords: Early childhood mathematical intelligence, geometric shapes

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Kecerdasan matematikanak usia dini, Bentuk-bentuk Geometri
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kecerdasan matematikanak usia dini, Bentuk-bentuk Geometri
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 12 Sep 2024 01:01
Last Modified: 12 Sep 2024 01:01
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3002

Actions (login required)

View Item View Item