PENGARUH PENDEKATAN SAIN TIFIK MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X IPA MAN 01 BOMBANA

ASWIYANI(18010108050), A (2023) PENGARUH PENDEKATAN SAIN TIFIK MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X IPA MAN 01 BOMBANA. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (603kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI ASWIYANI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Aswiyani, NIM. 18010108050 Pengaruh Pendekatan Saintifik Menggunakan Media Video Pembelajaran Pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPA MAN 1 Bombana, Dibimbing Oleh:Bapak Ir. Muragmi Gazali M.Ed, dan Bapak Syarif Rizalia M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui perbedaan yang signifikan setelah penggunaan pendekatan saintifik menggunakan media video pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X IPA di MAN 1 Bombana(2) Untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol kelas X IPA di MAN 1 Bombana (3) Untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan pendekatan saintifik menggunakan media video pembelajaran pada materi pencemaran lingkungan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X IPA di MAN 1 Bombana Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Eksperimen menggunakan desai Quasi Eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif: Prasyarat analisis (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis (uji perbedaan dua rata-rata, uji t berpasangan dan uji tingkat efektif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan saintifik menggunakan media video pembelajaran Biologi pada materi pencemaran lingkungan hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji-t berpasangan dengan nilai thitung 15,4079 > ttabel 2,080.(2) Pada pretest keterampilan berpikir kritis siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen tidak terdapat perbedaan yang signifikan hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji perbedaan dua rata-rata dengan nilai thitung 1,026 < ttabel 2,021 Sedangkan pada postest hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen terdapat perbedaaan yang signifikan hal ini dibuktikan dengan hasil uji perbedaan dua rata-rata dengan nilai thitung 4,099 > ttabel 2,021. (3) Penggunaan pendekatan saintifik menggunakan media video pembelajaran biologi materi pencemaran lingkungan berpengaruh meningkatkan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa berdasarkan uji NGain pada kelas eksperimen mendapatkan nilai sebesar 0,57 (N-Gain < 0,70) dengan kategori sedang dan persentase cukup efektif. Sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan nilai sebesar 0,42 (N-Gain < 0,70) dengan kategori sedag dan persentase kurang efektif.
Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Media Video Pembelajaran, Keterampilan Berpikir Kritis.

ABSTRACT
Aswiyani, NIM. 18010108050 The effect of the scientific approach using learning video media on environmental pollution material on students critical thinking skills of class X IPA MAN 1 Bombana students, guided by: Mr. Ir. Muragmi Gazali M.ed, and Mr. Syarif Rizalia M.Pd
This study aims to find out: (1) to find out significant differences after the use of the scientific approach using learning video media for critical thinking skills of class X IPA students in MAN 1 Bombana (2) to find out the differences in critical thinking skills of experimental class students and class X IPA control classes in Man 1 Bombana (3) To find out the effect of the use of the scientific approach using learning video media in environmental pollution material on critical thinking skills of class X IPA students in MAN 1 Bombana This research is a quantitative research experiment using quasi-experimental desire. Data analysis techniques used are descriptive analysis: analysis prerequisites (normality test and homogeneity tests) and hypothesis test (test difference two averages, paired t test and effective level test). The results showed that: (1) There are differences in student critical thinking skills before and after using the scientific approach using biological learning media on environmental pollution materials this is evidenced by the results of the Test-T analysis whit the pairs T-value of 15.4079> T- Table 2,080. (2) on Pretest Critical Thinking Skills Students Control and experimental classes there are no significant differences this is evidenced by the results of the two-average difference test analysis with a tcount T-value of 1,026 <t-table 2.021 while in the postest learning outcomes of the control class students and experimental classes there are differences The significant thing is evidenced by the test results difference between the average two with t-value 4.099> t table 2.021. (3) The use of the scientific approach to using biology learning video biology material influential pollution material increases the critical thinking skills of students based on the n-gain test in the experimental class got value of 0.57 (ngain <0.70) with moderate categories and percentages are quite effective. Whereas in the control class got a value of 0.42 (n-gain <0.70) with the sedag category and the percentage is less effective.
Keywords: scientific approach, learning video media, critical thinking skills

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Media Video Pembelajaran, Keterampilan Berpikir Kritis.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Media Video Pembelajaran, Keterampilan Berpikir Kritis.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan ( > 370.15 Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:10
Last Modified: 21 Nov 2023 03:10
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/598

Actions (login required)

View Item View Item