PENGARUH KELAYAKAN ALAT PERAGA TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS IV SDN 1 LABALAWA KOTA BAU-BAU

Jafaruddin, NIM : 16010104075,, J (2023) PENGARUH KELAYAKAN ALAT PERAGA TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS IV SDN 1 LABALAWA KOTA BAU-BAU. Diploma thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Jafaruddin, NIM : 16010104075, Pengaruh Kelayakan Alat Peraga Terhadap
Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV
SDN 1 Labalawa Kota Bau-Bau, Dibimbing oleh ; Pembimbing I Dr.
Jumardin La Fua S.Si., M.Si. dan Pembimbing II Ir. Muragmi Gazali M.Ed

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mengetahui kelayakan alat
peraga IPA di SDN 1 Labalawa, (2) mengetahui minat belajar peserta didik pada
siswa kelas IV SDN 1 Labalawa, (3) mengetahui pengaruh kelayakan alat peraga
terhadapterhadap minat belajar ilmu pengetahuan alam (IPA) pada siswa kelas IV
SDN 1 Labalawa. Penelitian ini termasuk penelitian survey dengan pendekatan
kuantitatif, pengumpulan data dilakukan melalui bantuan angket atau kuesioner
yang dibagikan pada kelas sampel dengan jumlah sampel 20 siswa. Hasil
penelitian menunjukkan (1) Kelayakan alat peraga di kelas IV SDN 1 Labalawa
pada pelajaran IPA memperoleh nilai rata-rata 4,0985 dengan nilai persentase
paling tinggi berada pada indikator kemudahan dan kejelasan alat peraga sebesar
19,59%. Alat peraga yang biasa digunakan berupa gambar yang memuat contoh
yang ada pada kehidupan sehari-hari dan mudah dipahami siswa. (2) Minat belajar
siswa setelah menggunakan alat peraga di kelas IV SDN 1 Labalawa pelajaran
IPA berada pada kategori sedang dengan nilai persentase sebesar 50%. Minat
belajar siswa ditunjukkan oleh siwa dengan cara memiliki rasa tertarik, senang
dan fokus pada pembelajaran (3) Hasil output perhitungan hipotesis diketahui
nilai signifikan sebesar 0,021 lebih kecil dari probabilitas 0,05 (0,021 ≤ 0,05),
sehingga dapat disimpulkan bahwa H
0
ditolak dan H
a
diterima, yang berarti bahwa
ada pengaruh kelayakan alat peraga terhadap minat belajar siswa.

Kata Kunci : Kelayakan, Alat Peraga, Minat Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Kelayakan, Alat Peraga, Minat Belajar Siswa
Uncontrolled Keywords: Kelayakan, Alat Peraga, Minat Belajar Siswa
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Law
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:18
Last Modified: 14 Jun 2023 02:21
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/105

Actions (login required)

View Item View Item