UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER TOLERANSI BERAGAMA SISWA DI SMAN 12 BOMBANA

ALMA AMALIA, 18010101141., A (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER TOLERANSI BERAGAMA SISWA DI SMAN 12 BOMBANA. Diploma thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
Skripsi Alma Amalia_COVER_1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Alma Amalia_BAB I_2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Alma Amalia_BAB II_3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Alma Amalia_BAB III_4.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Alma Amalia_BAB IV_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Alma Amalia_BAB V_6.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Alma Amalia_DAPUS DAN LAMPIRAN_7.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

ALMA AMALIA, 18010101141. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Membentuk Karakter Toleransi Beragama Siswa di SMA Negeri 12 Bombana.
Dibimbing oleh: Dr. H. Moh Yahya Obaid M.Ag dan Dra. Rahmawati M.Pd.


Di sekolah SMAN 12 Bombana merupakan sekolah yang terdiri dari berbagai
macam agama dalam proses pembelajaran berdasarkan wawancara dengan guru
pendidikan agama Islam menyatakan bahwa pada saat proses pembelajaran
khususnya pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan, siswa yang beragama
Kristen dan Hindu keluar dari kelas mencari aktivitas lain yang bermanfaat seperti
membaca buku di perpustakaan dan membuat kelompok-kelompok belajar selama
pembelajaran berlangsung, bahkan ada sebagian siswa yang non muslim mau
mengikuti pembelajaran agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhui: 1)
bentuk keragaman beragama siswa di SMAN 12 Bombana, 2) Upaya guru pendidikan
agama Islam dalam membentuk karakter toleransi beragama siswa di SMAN 12 Bombana,
dan 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter toleransi beragama
siswa di SMAN 12 Bombana. Objek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru pendidikan
agama Islam, Guru pendidikan agama Hindu dan Kristen serta Siswa. Jenis penelitian ini
menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik
pengumpulan data dalam bentuk Observasi, wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian
ini menunjukan bahwa : 1) Siswa di SMAN 12 Bombana menganut agama yang beragam,
Islam 308 siswa, Hindu 37 Siswa, Kristen 7 Siswa, dan memiliki toleransi yang baik.
Adapun bentuk keragaman beragamanya yaitu: perayaan maulid Nabi Muhammad Saw dan
Isra Miraj, Yasinan, shalat berjamaah, perayaan hari saraswati, galungan, kuningan, dan
ngaben untuk siswa yang beragama Hindu, dan kegiatan seremonial seperti upacara setiap
senin, dan osis. 2) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter
toleransi beragama siswa yaitu Bimbingan atau pemberian saran, menerapkan standar yang
tidak ganda, membentuk peserta didik yang moderatif, mengajarkan untuk saling tolog
menolong, dan mengajarkan perilaku sopan santun. 3) faktor pendukung membentuk
karakter toleransi beragama siswa yaitu, semua guru terlibat tanpa terkecuali, tempat
ibadah, dan masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu tidak adanya guru
pendidikan agama hindu dan Kristen yang sesaui dengan jurusannya, sehingga yang
mengajar adalah guru umum.
Kata Kunci : Upaya Guru, Karakter Toleransi Beragama

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Upaya Guru, Karakter Toleransi Beragama
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Karakter Toleransi Beragama
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:15
Last Modified: 14 Jul 2023 07:15
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/186

Actions (login required)

View Item View Item