Ardin Maulana 19010101005, A (2023) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MTS AL-KHAIRAT DESA SUMBERSARI KECAMATAN MORAMO KABUPATEN KONAWE SELATAN PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MTS AL-KHAIRAT DESA SUMBERSARI KECAMATAN MORAMO KABUPATEN KONAWE SELATAN. Other thesis, IAIN KENDARI.
Text
1 COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
2 BAB I.pdf Download (3MB) |
|
Text
3 BAB II.pdf Download (3MB) |
|
Text
4 BAB III.pdf Download (3MB) |
|
Text
5 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
6 BAB V.pdf Download (3MB) |
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
|
Text
8 LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Ardin Maulana 19010101005. Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan
akhlakul Karimah siswa di MTs Al-Khairat Desa sumbersari Kecamatan Moramo
Kabupaten Konawe Selatan. Dibimbing oleh: Dra Marlina M.Pd.I, Dan Dra.
Rahmawati M.Pd
Penelitian ini bertujuan mengetahui Peran Guru Akidah Akhlak Dalam
Meningkatkan akhlakul Karimah. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu guru
mata pelajaran Akidah Akhlak, Kepala Sekolah, Guru dan Siswa. Analsis data
dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan
data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan yaitu melakukan proses pelacakan
dan pengaturan secara sistematis terhadap transkip wawancara, catatan lapangan,
dan bahan-bahan lain yang dikumpulkan untuk meningkatkan pemahaman
terhadap bahan-bahan tersebut agar dapat diinterpretasikan temuannya kepada
pihak lain. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa 1) Peran guru akidah akhlak
dalam membina akhlak peserta didik terlihat dari upaya-upaya serta metodemetode
yang
dilakukan
guru
untuk
para
peserta
didik
agar
memiliki
akhlak
yang
baik.
Adapun upaya yang dilakukan guru akidah akhlak dalam membina akhlak
peserta didik yaitu, menyuruh peserta didik untuk membaca do’a sebelum dan
sesudah pembelajaran, mengecek kerapian, kebersihan, kedisiplinan serta selalu
berusaha untuk mengaitkan topik materi yang sedang dibahas kemudian dikaitkan
dengan kehidupan sehari-hari agar menumbuhkan akhlak yang baik.2) Strategi
guru akidah akhlak dalam meningkatkan akhlak siswa di MTs Al-Khairat
dilakukan dengan cara menggunakan 5 strategi yaitu cerita, keteladanan,
pembiasaan, ceramah, targhib/tarhib. 3) Adapun Faktor pendukung Guru akidah
akhlak dalam proses pembinaan akhlak yaitu (1) teladan dalam diri guru, (2)
Strategi pembelajaran, (3) kerjasama dan dukungan dari orang tua, keluarga dan
sekolah (4) sarana dan prasarana, Faktor penghambat Guru akidah akhlak dalam
proses pembinaan akhlak yaitu (1) kurangnya komunikasi, (2) semakin
canggihnya teknologi, (3) lingkungan siswa,
Kata Kunci: Peran Guru, Akhlakul Karimah, MTs Al-Khairat
.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Peran Guru, Akhlakul Karimah, MTs Al-Khairat |
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Akhlakul Karimah, MTs Al-Khairat |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 02:13 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 02:13 |
URI: | http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/199 |
Actions (login required)
View Item |