PENGARUH GAME ONLINE DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK SMA NEGERI 07 BOMBANA

Novianti, 19010101056, N (2023) PENGARUH GAME ONLINE DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK SMA NEGERI 07 BOMBANA. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Novianti, 19010101056, Pengaruh Game Online Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap
Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik SMA Negeri 07 Bombana,
Pembimbing: Dr. Masdin M.Pd dan Tandri Patih M.Si

Penelitian ini dilatar belakangi dari banyaknya siswa SMAN 07 Bombana
yang bermain game online dengan alasan mencari kepuasan karena merasa masa kecil
mereka dibatasi oleh orang tua. Adapun tujuannya: 1) Untuk mengetahui tingkat
penggunaan game online siswa di SMAN 07 Bombana, 2) Untuk mengetahui pola
asuh orang tua siswa SMAN 07 Bombana, 3) Untuk mengetahui hasil belajar PAI
siswa di SMAN 07 Bombana, 4) Untuk mengetahui dan mengkaji pengaruh game
online dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar PAI siswa di SMAN 07
Bombana. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasional.
Lokasi penelitian di SMAN 07 Bombana dengan jumlah responden sebanyak 90
siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Variabel X1 (Penggunaan Game
Online) menunjukkan nilai Mean = 64.00 dengan jumlah siswa tertinggi 61 = 68%
berada pada kategori sedang, 2)Variabel X2 (Pola Asuh Orang Tua) dengan
persentase tertinggi yaitu 89% sebanyak 80 siswa yaitu berada pada pola asuh
demokratis, 3)Hasil belajar PAI siswa dengan nilai Mean = 75,84 dengan jumlah
peserta didik 50 = 56% berada pada kategori tuntas, 4) Tidak ada pengaruh game
online dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar PAI. Melalui nilai Fhitung
diperoleh sebesar 1,68< nilai Ftabel 3,100 dan nilai signifikansi variabel diperoleh
sebesar 0,177>0,05, maka secara bersama-sama variabel game online dan pola asuh
orang tua tidak berpengaruh terhadap hasil belajar PAI siswa SMAN 07 Bombana.
Untuk nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 5,54%, sehingga dapat
disimpulkan bahwa variabel X terhadap Y memiliki kontribusi sebesar 5,54% dan
sisanya 94,46% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci: Game Online, Pola Asuh Orang Tua, Hasil Belajar, Bombana

ABSTRACT
Novianti, 19010101056, The influence of Online Games and Parenting Patterns on
Learning Outcomes of Islamic Religious Education for Students of SMA Negeri 07
Bombana, Supervisor: Dr. Masdin M.Pd and Tandri Patih M.Si


The background of this research is the large number of students at SMAN 07
Bombana who play online games with the excuse of seeking satisfaction because they
feel that their childhood was restricted by their parents. The objectives are: 1) To find
out the level of students' use of online games at SMAN 07 Bombana, 2) To find out
the parenting style of students at SMAN 07 Bombana, 3) To find out the results of
PAI learning at SMAN 07 Bombana, 4) To find out and examine the influence online
games and parenting styles of students' PAI learning outcomes at SMAN 07
Bombana. The type of research used is correlational quantitative research. The
research location was at SMAN 07 Bombana with a total of 90 students as
respondents. The results showed that: 1) Variable X1 (Use of Online Games) showed
a Mean = 64.00 with the highest number of students 61 = 68% being in the medium
category, 2) Variable X2 (Parent Parenting) with the highest percentage of 89% as
many as 80 students are in democratic parenting, 3) PAI learning outcomes of
students with Mean = 75.84 with a total of 50 students = 56% are in the complete
category, 4) There is no influence of online games and parenting patterns on PAI
learning outcomes . Through the obtained Fcount value of 1.68 <Ftable value of
3.100 and the variable significance value obtained was 0.177> 0.05, so together the
online game variables and parenting style did not affect the PAI learning outcomes of
SMAN 07 Bombana students. For the value of the coefficient of determination
obtained by 5.54%, so it can be concluded that the variable X to Y has a contribution
of 5.54% and the remaining 94.46% is influenced by other factors.

Keywords: Online Games, Parenting Patterns, Learning Outcomes, Bombana

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Game Online, Pola Asuh Orang Tua, Hasil Belajar, Bombana
Uncontrolled Keywords: Game Online, Pola Asuh Orang Tua, Hasil Belajar, Bombana
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:25
Last Modified: 18 Jul 2023 06:25
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/202

Actions (login required)

View Item View Item