DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI DESA WUNDUWATU KECAMATAN ANDOOLO KABUPATEN KONAWE SELATAN

Suni Sundari, Nim 18010105039,, S (2023) DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI DESA WUNDUWATU KECAMATAN ANDOOLO KABUPATEN KONAWE SELATAN. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Suni Sundari, Nim 18010105039, Dampak Penggunaan Smartphone Pada
Perkembangan Sosial Anak Usia Dini di Desa Wunduwatu Kecamatan
Andoolo Kabupaten Konawe Selatan (Dibimbing Oleh Dr. Muh. Shaleh,
M.Pd dan La Ode Anhusadar, S.Pd.I, M.Pd)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) bentuk penggunaan
smartphone pada anak usia dini. 2) dampak penggunaan smartphone pada
perkembangan sosial anak usia dini di Desa Wunduwatu Kecamatan Andoolo
Kabupaten Konawe Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data dalam penelitian ini
diklasifikasi menjadi data primer dan data sekunder. Metode wawancara,
observasi dan dokumentasi digunakan peneliti sebagai cara untuk mengumpulkan
data yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan model reduksi data,
penyajian data dan panarikan kesimpulan. Perpanjangan pengamatan digunakan
peneliti sebagai tekhnik pengecekan keabsahan data. Adapun hasil penelitian ini
adalah: 1) bentuk penggunaan smartphone pada anak usia dini ditemukan:
menggunakan aplikasi youtube, menggunakan aplikasi tiktok, dan menggunakan
aplikasi game. 2) dampak penggunaan smartphone pada perkembangan sosial
anak usia dini di Desa Wunduwatu Kecamatan Andoolo Kabupaten Konawe
Selatan dikategorikan pada dua dampak yaitu dampak positif antara lain:
menonton video pembelajaran yang berkaitan dengan tugas sekolah menggunakan
smartphone, menghormati dan mendengarkan orang lain yang sedang berbicara
meskipun bermain smartphone, mau menolong ketika orang lain membutuhkan
bantuan meski sedang bermain smartphone, dan dampak negatif antara lain: anak
menangis jika tidak bermain smartphone, kesal dan menangis ketika kalah
bermain game dan menunjukkan ekspresi marah dan tantrum, uring-uringan saat
tidak di beri smartphone atau di paksa berhenti bermain smartphone, terlihat
gelisah saat tidak bermain smartphone. Penggunaan smartphone juga berdampak
pada sosial anak dengan lingkungan sekelilingnya diantaranya: anak malas
bergaul dan bermain diluar rumah bersama teman, tidak tertarik dengan aktivitas
diluar rumah, malu bergaul, dan lebih suka menyendiri.

Kata Kunci: Penggunaan Smartphone, Perkembangan Sosial, Anak Usia Dini

ABSTRAK

Suni Sundari, Nim 18010105039, The impact of using a smartphone on the
social development of early childhood in the village of Wunduwatu Andoolo
District Konawe Selatan Regency. (Supervised By : Dr. Muh. Shaleh, M.Pd
and La Ode Anhusadar, S.Pd.I, M.Pd)

This study aims to describe: 1) Form of smartphone use at an early age. 2) The
impact of smartphone use on early childhood social development at Wunduwatu
Village Andoolo District Konawe Selatan Regency. This study uses a qualitative
research method with a descriptive approach. The types of data in this study are
classified into primary data and secondary data. The interview, observations and
dokumentation methods were used by researchers as a way to collect the next data
was analyzed using the model of data reduction and drawing conclusions. The
extension of the researcher is used as a technique of checking data validity.The
results of this study are: 1) Form of smartphone use at an early age found: using
youtube app, use a tiktok application, and use games applications. 2) The impact
of smartphone use on early childhood social development at Wunduwatu Village
Andoolo District Konawe Selatan Regency categorized in two impact, namely
positive impact, among others: watching learning videos relate to school
assignments using smartphone, respect and listening to others speak even though
playing smartphone, want to help when other people need help even though they
are playing smartphone, and negative impacts include: crying if don‟t play
smartphone, annoyed and crying when losing to play games and showing an
expression of anger and tantrums, even when not given smartphone or being
forced to stop playing smartphone, looks restless when don‟t play smartphone.
The use of smartphone also has an impact on children‟s social environment,
among them: lazy child to hang out and play outside the house with friends, not
interested in activities outside the home, ashamed of sociable, and orefer to be
alone.

Keywords: Smartphone Use, Social Development, Early Childhood

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Penggunaan Smartphone, Perkembangan Sosial, Anak Usia Dini
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Smartphone, Perkembangan Sosial, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:05
Last Modified: 18 Jul 2023 07:05
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/204

Actions (login required)

View Item View Item