PENGARUH PENGGUNAAN ALAT LABORATERIUM FISIKA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 5 KENDARI

DARSON, : 19010109010., D (2023) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT LABORATERIUM FISIKA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 5 KENDARI. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (5MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 5 December 2023.

Download (5MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI DARSON.pdf

Download (6MB)

Abstract

DARSON, NIM: 19010109010. Pengaruh Penggunaan Alat Laboratorium
Fisika Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Peserta Didik
Di SMA Negeri 5 Kendari (Dibimbing oleh: La Isa, S.Si., M.Si dan
Halmuniati, S.Pd., M.Pd)
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perbedaan keterampilan
proses sains peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 5 Kendari yang diajar
menggunakan alat laboratorium fisika dan yang tidak diajar menggunakan alat
laboratorium fisika. (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik kelas XI
IPA di SMA Negeri 5 Kendari yang diajar menggunakan alat laboratorium fisika
dan yang tidak diajar menggunakan alat laboratorium fisika. Sampel ditetapkan
menggunakan teknik purposive sampling, yaitu memilih dua kelas dengan nilai
yang hampir sama atau homogen, kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan
XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Sebagai Hasil penelitian menunjukkan: (1)
Terdapat perbedaan keterampilan proses sains menggunakan alat laboratorium
fisika kelas eksperimen dan kelas kontrol, thitung = 4,152 dan ttabel = 2,0085
sehingga nilai thitung ttabel artinya H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Terdapat
perbedaan hasil belajar menggunakan alat laboratorium fisika kelas eksperimen
dan kelas kontrol, thitung = 2,737 dan ttabel = 2,0085 sehingga nilai thitung ttabel
artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian nilai keterampilan proses
sains dan hasil belajar peserta didik yang diberikan perlakuan memiliki perbedaan
yang signifikan.
Kata kunci: Alat Laboratorium, Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar
Fisik

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Alat Laboratorium, Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Fisika
Uncontrolled Keywords: Alat Laboratorium, Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Fisika
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 530 Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Fisika
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 05 Dec 2023 02:19
Last Modified: 05 Dec 2023 02:22
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2164

Actions (login required)

View Item View Item