PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMA NEGERI 11 KENDARI

SALWA 18010108004, S (2023) PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMA NEGERI 11 KENDARI. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (512kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (786kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 5 December 2023.

Download (647kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (243kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (969kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (463kB)

Abstract

Salwa, NIM: 18010108004. Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Motivasi
Belajar Biologi Siswa Di SMA Negeri 11 Kendari, Dibimbing Oleh: Dr.
Masdin M.Pd dan Nourma Yulita, S.Pd. M.Pd

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui metode resitasi yang diberikan
oleh guru di kelas XI SMAN 11 Kendari. (2) mengetahui motivasi belajar siswa
kelas XI di SMAN 11 Kendari . (3) mengetahui pengaruh metode resitasi yang
signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di SMAN 11 Kendari.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode
Survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA di
SMA Negeri 11 Kendari , sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu
sebanyak 85 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian
ini menggunakan kuesioner (angket) pada peserta didik. Tehnik analisis data yang
digunakan yaitu tehnik analisis statistik deskriptif, tehnik analisis statistic
inferensial: uji prasyarat (uji normalitas, uji linearitas) dan uji hipotesis (uji regresi
linear sederhana, uji t, uji koefisien determinasi). Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: 1) Analisis deskriptif data variabel X (metode resitasi) menunjukan nilai
Mean = 53.31 dengan frekuensi tertinggi yakni 22 = 26% berada pada kategori
Sedang, 2) Analisis deskriptif data variabel Y (motivasi belajar Biologi)
menunjukan nilai Mean = 60.4 dengan frekuensi tertinggi yakni 38 = 20% berada
pada kategori sedang, 3) pengaruh metode resitasi terhadap motivasi belajar
biology siswa di SMAN 11 Kendari diperoleh nilai uji signifikan thitung sebesar
14,537, dikonsultasikan dengan ttabel diperoleh ttabel 2,719 sehingga thitung>ttabelyaitu
14,537>2,719. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
antara metode resitasi terhadap motivasi belajar biologi siswa pada kelas XI IPA
di SMA Negeri 11 Kendari. Besar sumbangan variabel X terhadap variabel Y
adalah 82% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas pada
penelitian ini.
Kata Kunci : Kuantitatif, Statistik deskriptif, Resitasi, Motivasi

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: : Kuantitatif, Statistik deskriptif, Resitasi, Motivasi
Uncontrolled Keywords: : Kuantitatif, Statistik deskriptif, Resitasi, Motivasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 05 Dec 2023 07:00
Last Modified: 05 Dec 2023 07:00
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2187

Actions (login required)

View Item View Item