PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTU APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI SMAN 1 OHEO

ELSA ELVIANTI 18010110008, E (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTU APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI SMAN 1 OHEO. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (499kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (543kB)
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (745kB)
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 5 December 2023.

Download (586kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (434kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
sampul.pdf

Download (257kB)

Abstract

Elsa Elvianti. NIM 18010110008. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah
Berbantu Aplikasi GeoGebra Terhadap Pemahaman Konsep Siswa di SMAN 1
Oheo . Dibimbing oleh: Sri Anandari Safaria, S. Pd, M. Pd dan Imaludin Agus, M.
Pd.
Pembelajaran berbasis masalah yang dapat membantu siswa dalam
meningkatkan pemahaman konsep siswa salah satunya adalah dengan
menggunakan media pembelajaran seperti GeoGebra. Tujuan dalam penelitian ini
adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa SMA Negeri 1 Oheo.
2) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah berbantu aplikasi
GeoGebra terhadap pemahaman konsep siswa di SMAN 1 Oheo. Penelitian ini
merupakan penelitian pre-eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan
simple random sampling. Kelas XI MIA sebagai kelas penelitian. Metode
pengumpulan data terdiri dari tes pemahaman konsep siswa yang dilihat dari
indikator menjelaskan, memahami dan menyimpulkan, serta lembar observasi
guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pemahaman konsep siswa di
SMAN 1 Oheo yaitu pemahaman konsep siswa berada pada kategori tinggi dimana
indikator siswa mampu menjelaskan konsep abstrak menjadi suatu model memiliki
presentasi 100%, indikator siswa mampu mengenal dan memahami ide utama suatu
komunikasi memiliki presentasi 91,30%, dan indikator siswa mampu
menyimpulkan dari sesuatu yang telah diketahui materi memiliki presetasi 78,26.
2) Ada pengaruh pembelajaran berbasis masalah berbantu aplikasi GeoGebra
terhadap pemahaman konsep siswa di SMAN 1 Oheo.
Kata kunci: Pemahaman konsep siswa; GeoGebra; Pembelajaran berbasis
masalah

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pemahaman konsep siswa; GeoGebra; Pembelajaran berbasis masalah
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep siswa; GeoGebra; Pembelajaran berbasis masalah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 05 Dec 2023 07:12
Last Modified: 05 Dec 2023 07:12
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2188

Actions (login required)

View Item View Item