Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Bio�entrepreneurship (BEP) Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Materi Pisces Mata Pelajaran Biologi Kelas X Di MA

Sulsiyanti, 17010108010, (2023) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Bio�entrepreneurship (BEP) Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Materi Pisces Mata Pelajaran Biologi Kelas X Di MA. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (25MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (21MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (18MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (21MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 6 December 2023.

Download (17MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (15MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (15MB)
[img] Text
SKRIPSI SULSIYANTI.pdf

Download (25MB)

Abstract

Sulsiyanti, NIM: 17010108010, Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Bio�entrepreneurship (BEP) Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Materi
Pisces Mata Pelajaran Biologi Kelas X Di MA. Bahrul Mubarak Toronipa. Pembimbing
Rosmini, S.Si, M.Pd. NIDN. 2010017102.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana hasil belajar pre-test
materi Pisces siswa kelas X IPA MA. Bahrul Mubarak Toronipa sebelum mengikuti
pembelajaran dengan pendekatan Bio-entrepreunership. (2) bagaimana hasil belajar post�test materi Pisces siswa kelas X IPA MA. Bahrul Mubarak Toronipa setelah mengikuti
pembelajaran dengan pendekatan Bio-entrepreunership. (3) Keterampilan proses sains
materi Pisces siswa kelas X IPA MA. Bahrul Mubarak Toronipa sebelum mengikuti
pembelajaran dengan pendekatan Bio-entrepreunership. (4) Keterampilan proses sains
materi Pisces siswa kelas X IPA MA. Bahrul Mubarak Toronipa setelah mengikuti
pembelajaran dengan pendekatan Bio-entrepreunership. (5) Pengaruh pendekatan
pembelajaran Bio-entrepreneurship terhadap hasil belaja materi Pisces siswa kelas X
MA. Bahrul Mubarak Toronipa (6) Pengaruh pendekatan pembelajaran Bio�entrepreneurship keterampilan proses sains materi Pisces siswa kelas X MA. Bahrul
Mubarak Toronipa.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan jenis penelitiannya
menggunakan pre-eksperimental design. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil
belajar kognitif dalam bentuk tes soal pilihan ganda (Multiple Choice), lembar observasi
keterampilan proses sains (KPS) dan lembar wawancara keterampilan proses sains (KPS).
Hasil analisis reliabilitas butir soal pretest dan posttest materi Pisces diperoleh sebesar
0,885 dengan kategori tinggi. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas X IPA, dengan
sampel penelitian adalah berjumlah 26 orang. Analisis data menggunakan program SPPS
for windows versi 16,0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar pre-test materi Pisces
siswa kelas X IPA sebelum penerapan pendekatan pembelajaran Bio-enterpreunership
yaitu diperoleh rata-ratanya (Mean) sebesar 55,69 dengan kategori cukup. (2) hasil
belajar posttest materi Pisces sesudah penerapan pendekatan pembelajaran Bio�enterpreunership yaitu diperoleh rata-ratanya (Mean) sebesar 82,62 dengan kategori
sangat baik. (3) keterampilan proses sains materi Pisces sebelum mengikuti pembelajaran
pendekatan Bio-entrepreunership yaitu 63,8% dengan kategori baik. (4) keterampilan
proses sains materi Pisces sesudah pembelajaran pendekatan Bio-entrepreunership yaitu
81,23% dengan kategori sangat baik. (5) Terdapat pengaruh hasil belajar siswa sebelum
dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan Pendekatan Bio-enterpreunership yang
dibuktikan dengan nilai sig* 0,000 < 0,05 sehingga pengujian H0 ditolak dan H1
diterima.(6) Terdapat pengaruh keterampilan proses sains sebelum dan sesudah mengikuti
pembelajaran dengan pendekatan Bio-enterpeunership yang dibuktikan dengan nilai
prettest pada kategori cukup dengan perolehan rata-ratanya (Mean) sebesar 55,69 dan
nilai posttest pada kategori sangat baik dengan perolehan rata-ratanya (Mean) sebesar
81,84.
Kata Kunci : Pendekatan Pembelajaran Bio-enterpreunership, Hasil Belajar,
Keterampilan Proses Sains

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pendekatan Pembelajaran Bio-enterpreunership, Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Pembelajaran Bio-enterpreunership, Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 06 Dec 2023 03:25
Last Modified: 06 Dec 2023 03:25
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2214

Actions (login required)

View Item View Item