PENGARUH PENGGUNAAN VIRTUAL LABORATORY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DI SMAN 15 KONAWE SELATAN

NURCAHAYA NIM: 19010109012, C (2023) PENGARUH PENGGUNAAN VIRTUAL LABORATORY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DI SMAN 15 KONAWE SELATAN. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (5MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 7 December 2023.

Download (5MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

NURCAHAYA, NIM: 19010109012. Pengaruh Penggunaan Virtual
Laboratory Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Pemahaman Konsep
Peserta Didik Di SMAN 15 Konawe Selatan (Dibimbing oleh: Zainuddin,
S.Pd., M.Pd dan La Isa, S.Si., M.Si)
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh virtual laboratory
terhadap keterampilan proses sains peserta didik di SMAN 15 Konawe Selatan.
(2) Mengetahui pengaruh virtual laboratory terhadap pemahaman konsep peserta
didik di SMAN 15 Konawe Selatan. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan
metode eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Design, pada
desain ini penulis hanya melakukan postes untuk kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Sampel ditetapkan menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh, yaitu
semua anggota populasi digunakan sebagai sampel, kelas XI IPA 1 sebagai kelas
eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Sebagai Hasil penelitian
menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh keterampilan proses sains menggunakan
virtual laboratory kelas eksperimen dan kelas kontrol, thitung = 2,60698 dan ttabel =
1,99962 sehingga nilai thitung ttabel artinya H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Terdapat
pengaruh pemahaman menggunakan virtual laboratory kelas eksperimen dan
kelas kontrol, thitung = 2,09361 dan ttabel = 1,99962 sehingga nilai thitung ttabel
artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian nilai virtual
laboratorymemiliki pengaruh terhadap keterampilan proses sains dan pemahaman
konsep peserta didik

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Virtual Laboratory, Keterampilan Proses Sains, Pemahaman Konsep, Fisika
Uncontrolled Keywords: Virtual Laboratory, Keterampilan Proses Sains, Pemahaman Konsep, Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 07 Dec 2023 03:20
Last Modified: 07 Dec 2023 03:20
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2258

Actions (login required)

View Item View Item