PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN BAHASA DAERAH OLEH GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS V SD NEGERI SATAP 2 KONAWE SELATAN

JANNAHTUL NURLAELI 18010104038, J (2023) PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN BAHASA DAERAH OLEH GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS V SD NEGERI SATAP 2 KONAWE SELATAN. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
Skripsi Jannah_BAB I_2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Jannah_BAB II_3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Jannah_BAB III_4.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Jannah_BAB IV_5.pdf
Restricted to Registered users only until 8 December 2023.

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi Jannah_BAB V_6.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Jannah_COVER_1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Jannah_DAPUS DAN LAMPIRAN_7.pdf

Download (4MB)

Abstract

JANNAHTUL NURLAELI. NIM. 18010104038. “Persepsi Siswa Terhadap
Penggunaan Bahasa Daerah Oleh Guru Dalam Proses Pembelajaran Di SDN
Satap 2 Konawe Selatan”. Dibimbing oleh : Dr. FAHMI GUNAWAN S.S,
M.HUM & KARIM M.HUM
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi siswa terhadap
penggunaan bahasa daerah oleh guru dalam proses pembelajaran di kelas V SD
Negeri Satap 2 Konawe Selatan, Indonesia. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data yang
digunakan terdiri dari Observasi, Wawancara dan dokumentasi. Ada dua
pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini; bagaimana penggunaan bahasa
daerah oleh guru dalam proses pembelajaran dan persepsi siswa terhadap
penggunaan bahasa daerah dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa penggunaan bahasa daerah oleh guru dalam proses
pembelajaran terdapatnya empat penggunaan variasi bahasa berupa Interferensi,
integrasi, alih kode dan campur kode. Adapun persepsi siswa terhadap
penggunaan bahasa daerah oleh guru dalam proses pembelajaran terdapatnya
persepsi positif dan negatif. persepsi tersebut dipengaruhi oleh faktor internal dan
eksternal pada diri siswa. Penelitian ini merekomendasikan agar penggunaan
bahasa daerah oleh guru dalam proses pembelajaran harus disesuaikan dengan
keadaan siswa yang multikultur.
Kata Kunci : Bahasa daerah; Persepsi siswa; Proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Bahasa daerah; Persepsi siswa; Proses pembelajaran.
Uncontrolled Keywords: Bahasa daerah; Persepsi siswa; Proses pembelajaran.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 08 Dec 2023 01:29
Last Modified: 08 Dec 2023 01:29
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2279

Actions (login required)

View Item View Item