PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SDN 104 TAMPAWULU KECAMATAN POLEANG UTARA KABUPATEN BOMBANA

Nurul Aini, NIM. 17010104047., N (2022) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SDN 104 TAMPAWULU KECAMATAN POLEANG UTARA KABUPATEN BOMBANA. Diploma thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurul Aini, NIM. 17010104047. Judul: “Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap
Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SDN 104 Tampawulu
Kecamatan Poleang Utara Kabupaten Bombana”. Dibimbing Oleh Dr. Syahrul,
M.Pd dan Sitti Aisyah Mu'min S.Ag, M.Pd

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dengan
prestasi belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SiswaSDN 104
Tampawulu Kabupaten Bombana. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kuantitatif dengan menggunakan kuesioner kepada 33 sampel yang berasal dari kelas
IV hingga kelas VI. Analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif dan
regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Disiplin belajar
siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukkan kategori cukup
33,33%, baik 36,36% dan sangat baik 30,30%. 2) Prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukkan kategori tinggi 78,8% dan kategori
sangat tinggi 21,2%. 3) Disiplin belajar siswa berpengaruhpositif dan
signifikanterhadap disiplin belajar siswa yang mencapai 43%. Hal ini dibuktikan
dengan hasil uji statistik menunjukkan nilai t
hitung
< t
tabel
yakni 1,138 <1.69236 (H
a

diterima dan H
o
di tolak. Dengan kata lain bahwa hasil penelitian ini membenarkan
dugaan awal (hipotesis) penulis bahwa adanya pengaruh disiplin belajar dengan
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Kata Kunci: Disiplin Belajar dan Prestasi belajar Siswa.

ABSTRACT

Nurul Aini, NIM. 17010104047. The Influence Of Discipline On Learning
Achievement In Islamic Religious Education Students Of SDN 104 Tampawulu,
North Poleang District, Bombana Regency. “Supervised by Dr. Syahrul, M.Pd
and Sitti Aisyah Mu'min S.Ag, M.Pd

This study aims to determine the influence of learning discipline
with student achievement on the subject of Islamic Education Students of
SDN 104 Tampawulu, Bombana Regency. This study used quantitative
research methods using questionnaires on 33 samples from class IV to
class VI. Data analysis is done by means of descriptive analysis and
simple linear regression. The results showed that: 1) Student learning
discipline in Islamic Religious Education subjects showed quite good
categories of 33.33%, good 36.36% and very good 30.30%. 2) Student
achievement in Islamic Religious Education subjects showed a high
category of 78.8% and a very high category of 21.2%. 3) Student learning
discipline has a positive and significant effect on student learning
discipline which reaches 43%. This is evidenced by the results of
statistical tests that show the calculated value of table <, which is 1.138 <
1.69236 (Ha is accepted and Ho is rejected. In other words, the results of
this study confirm the author's initial conjecture (hypothesis) that there is
an influence of learning discipline on student achievement in Islamic
Religious Education subjects.
Keywords: Learning Discipline and Student Achievement.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Disiplin Belajar dan Prestasi belajar Siswa.
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar dan Prestasi belajar Siswa.
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 24 Jul 2023 06:42
Last Modified: 24 Jul 2023 06:42
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/228

Actions (login required)

View Item View Item