DINI ARIANI. 19010104099, D (2023) PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA SISWA KELAS V SDN 3 PONGO KABUPATEN WAKATOBI. Other thesis, IAIN KENDARI.
Text
1 COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
2 BAB I.pdf Download (3MB) |
|
Text
3 BAB II.pdf Download (3MB) |
|
Text
4 BAB III.pdf Download (3MB) |
|
Text
5 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 8 December 2023. Download (3MB) |
|
Text
6 BAB V.pdf Download (3MB) |
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
|
Text
8 LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI DINI ARIANI.pdf Download (4MB) |
Abstract
DINI ARIANI. NIM. 19010104099. PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD
MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA
SISWA KELAS V SDN 3 PONGO KABUPATEN WAKATOBI. Dibimbingi
Oleh: Aliwar, S.Ag, M.Pd dan La Ode Anhusadar, S.Pd.I, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar tematik melalui strategi
Index Card Match Pada Siswa Kelas V SDN 3 PONGO. Penelitian ini merupakan
penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang terdiri dari empat tahap
yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Objek penelitian ini adalah
siswa kelas V SDN 3 PONGO pada tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 21.
Penelitian ini dilaksanakan sebanyak II siklus yang masing-masing siklus
dilaksanakan dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil pembelajaran tematik dengan
menggunakan strategi Index Card Match pada siswa kelas V SDN 3 PONGO.
Adapun hasil pembelajaran tematik sebelum tindakan dengan prsentase 28,57%
dengan nilai rata-rata 60,23. Pada siklus I pertemuan pertama hasil aktivitas guru
mencapai 48,33%, dan Aktivitas siswa 50,33%. Pertemuan kedua siklus I Aktivitas
guru mencapai 53,33%, dan Aktivitas siswa 43,33%, adapun hasil pembelajaran
tematik setelah tindakan pada siklus I yaitu dengan presentase 52,38% dengan nilai
rata-rata 66,66%. Namun pada siklus I belum mencapai indikator keberhasilan yaitu
80% sehingga dilanjutkan pada siklus II. Sedangkan pada siklus II pertemuan
pertama hasil aktivitas guru 93,33%, dan Aktivitas siswa 93,33%. Sedangkan pada
siklus II pertemuan kedua aktivitas guru 98,33, dan Aktivitas siswa 95,33%. Adapun
hasil pembelajaran tematik yang dicapai pada siklus II yaitu dengan presentase
90,47% dengan nilai rata-rata 82,38%. Pada siklus ke II siswa yang mendapat nilai
>70 sebanyak 19 orang dan 2 siswa yang belum mencapai nilai 70, maka dapat
dikatakan bahwa menggunakan strategi Index Card Match dapat meningkatkan hasil
belajar tematik pada siswa kelas V SDN 3 PONGO.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Tematik, Strategi Index Card Match
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Hasil Belajar, Tematik, Strategi Index Card Match |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Tematik, Strategi Index Card Match |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD |
Depositing User: | Unnamed user with email Amnaa |
Date Deposited: | 08 Dec 2023 03:04 |
Last Modified: | 08 Dec 2023 03:04 |
URI: | http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2291 |
Actions (login required)
View Item |