PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA SISWA KELAS V SDN 3 PONGO KABUPATEN WAKATOBI

DINI ARIANI. 19010104099, D (2023) PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA SISWA KELAS V SDN 3 PONGO KABUPATEN WAKATOBI. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 8 December 2023.

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI DINI ARIANI.pdf

Download (4MB)

Abstract

DINI ARIANI. NIM. 19010104099. PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD
MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA
SISWA KELAS V SDN 3 PONGO KABUPATEN WAKATOBI. Dibimbingi
Oleh: Aliwar, S.Ag, M.Pd dan La Ode Anhusadar, S.Pd.I, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar tematik melalui strategi
Index Card Match Pada Siswa Kelas V SDN 3 PONGO. Penelitian ini merupakan
penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang terdiri dari empat tahap
yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Objek penelitian ini adalah
siswa kelas V SDN 3 PONGO pada tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 21.
Penelitian ini dilaksanakan sebanyak II siklus yang masing-masing siklus
dilaksanakan dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil pembelajaran tematik dengan
menggunakan strategi Index Card Match pada siswa kelas V SDN 3 PONGO.
Adapun hasil pembelajaran tematik sebelum tindakan dengan prsentase 28,57%
dengan nilai rata-rata 60,23. Pada siklus I pertemuan pertama hasil aktivitas guru
mencapai 48,33%, dan Aktivitas siswa 50,33%. Pertemuan kedua siklus I Aktivitas
guru mencapai 53,33%, dan Aktivitas siswa 43,33%, adapun hasil pembelajaran
tematik setelah tindakan pada siklus I yaitu dengan presentase 52,38% dengan nilai
rata-rata 66,66%. Namun pada siklus I belum mencapai indikator keberhasilan yaitu
80% sehingga dilanjutkan pada siklus II. Sedangkan pada siklus II pertemuan
pertama hasil aktivitas guru 93,33%, dan Aktivitas siswa 93,33%. Sedangkan pada
siklus II pertemuan kedua aktivitas guru 98,33, dan Aktivitas siswa 95,33%. Adapun
hasil pembelajaran tematik yang dicapai pada siklus II yaitu dengan presentase
90,47% dengan nilai rata-rata 82,38%. Pada siklus ke II siswa yang mendapat nilai
>70 sebanyak 19 orang dan 2 siswa yang belum mencapai nilai 70, maka dapat
dikatakan bahwa menggunakan strategi Index Card Match dapat meningkatkan hasil
belajar tematik pada siswa kelas V SDN 3 PONGO.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Tematik, Strategi Index Card Match

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Hasil Belajar, Tematik, Strategi Index Card Match
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Tematik, Strategi Index Card Match
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 08 Dec 2023 03:04
Last Modified: 08 Dec 2023 03:04
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2291

Actions (login required)

View Item View Item