EVALUASI KINERJA GURU DI SMPN 11 KENDARI (Evaluasi Model CIPP)

Sukmawati (2021040201009), S (2023) EVALUASI KINERJA GURU DI SMPN 11 KENDARI (Evaluasi Model CIPP). Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER TESIS.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB II TESIS.pdf

Download (627kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB IV tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA TESIS.pdf

Download (115kB)

Abstract

ABSTRAK
Sukmawati, NIM 2021040201009. Evaluasi Kinerja Guru Di SMPN 11 Kendari (Evaluasi Model Cipp). Program Studi Menejemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari melalui bimbingan I: Dr. Masdin, M.Pd., Pembimbing II Dr. Mansyur, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi kinerja Guru di SMPN 11 Kendari (Evaluasi Model Cipp). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Evaluasi konteks pada kinerja guru menunjukkan bahwa rancangan kinerja guru tersebut dibuat secara rinci di dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Guru telah membuat RPP berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 dan Permendiknas Nomor 41 tahun 2007 yang berisikan komponen Identitas sekolah, Tujuan Pembelajaran. Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran, Sumber Belajar, serta Penilaian peserta didik. Tetapi masih ada sebagian kecil guru yang tidak memperhatikan komponen penyusunan RPP 2) Evaluasi input pada kinerja guru menunjukan bahwa pemanfaatan sumber daya yang ada di sekolah yaitu guru yang dimana untuk meningkatkan kompetensi yang ada pada guru , siswa serta sarana prasarana yang ada, yang di mulai dari proses rekrutmen pada guru dan peserta didi serta pemanfaatan sarana prasarana yang ada. 3) Evaluasi proses pada kinerja guru menunjukan keterampilan seorang guru dalam proses pelaksanaan belajar mengajar dalam menggunakan metode serta media pembelajaran, evaluasi proses yang diarahkan pada kesesuaian metode serta media pembelajaran dengan kompetensi dasar (KD) yang akan diajarkan, kelayakan media meliputi visualisasi gambar, tulisan, dan keterbacaan. 4) Evaluasi produk pada kinerja guru menunjukan hasil prestasi belajar siswa non akademi maupun akademik yang di raih yaitu pada prestasi akademik seperti juara pada cabang agama seperti khutbah, dan lomba MTQ serta pada cabag lomba sultra cerdas pada prestasi non akademik meliputi Juara 2 lomba lulo kreasi tingkat SMP se kota Kendari, Juara 3 seni tari, Harapan 3 senam kebugaran jasmani.
ABSTRACT
Sukmawati, NIM 2021040201009. Evaluation of Teacher Performance at SMPN 11 Kendari (Cipp Model Evaluation). Postgraduate Islamic Education Management Study Program Kendari State Islamic Institute (IAIN) through mentoring I: Dr. Masdin, M.Pd., Supervisor II Dr. Mansyur, M.Pd.
This study aims to describe and analyze teacher performance evaluations at SMPN 11 Kendari (Cipp Model Evaluation). This research uses descriptive research with qualitative methods. Data was collected using observation, interview, and documentation techniques. Data analysis was performed using data reduction, presentation, and conclusion. The results of the study show that: 1) Evaluation of the context of teacher performance shows that the design of the teacher's performance is made in detail in the lesson plan. Teachers have made lesson plans based on Government Regulation Number 19 of 2005 and Permendiknas Number 41 of 2007 which contain components of school identity, learning objectives. Learning Materials, Learning Methods, Learning Activity Steps, Learning Resources, and Student Assessment. 2) Evaluation of the input on teacher performance shows that the use of existing resources in schools, namely teachers, students and existing infrastructure, starts with the recruitment process for teachers and students and the use of existing infrastructure. 3) Evaluation of the process on teacher performance shows the skills of a teacher in the process of implementing teaching and learning in using learning methods and media, process evaluation that is directed at the suitability of learning methods and media with basic competencies (KD) to be taught, media feasibility includes visualization of images, writing , and readability. 4) Product evaluation on teacher performance shows the results of non-academic and academic student learning achievements that were achieved, namely on academic achievements such as champions in religious branches such as sermons, and MTQ competitions as well as in the Southeast Sulawesi intelligent competition branch on non-academic achievements including 2nd place in the lulo creativity competition junior high school level in Kendari city, 3rd place in dance, 3rd place in physical fitness gymnastics

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: kinerja guru, conteks, input, proses, product
Uncontrolled Keywords: kinerja guru, conteks, input, proses, product
Subjects: Pendidikan
Kinerja Guru
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 13 Dec 2023 00:44
Last Modified: 13 Dec 2023 00:44
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2365

Actions (login required)

View Item View Item