Naif Andika Putra 19010101196,, N (2023) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA DAN BUDAYA RELIGIUS SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN BERAGAMA SISWA DI MAN 1 KENDARI. Other thesis, IAIN KENDARI.
Text
1 COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
2 BAB I.pdf Download (4MB) |
|
Text
3 BAB II.pdf Download (4MB) |
|
Text
4 BAB III.pdf Download (4MB) |
|
Text
5 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 13 December 2023. Download (4MB) |
|
Text
6 BAB V.pdf Download (4MB) |
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
|
Text
8 LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Naif Andika Putra, NIM: 19010101196, Judul : Pengaruh Pendidikan Agama
Islam Dalam Keluarga Dan Budaya Religius Sekolah Terhadap Kedisiplinan
Beragama Siswa Di MAN 1 Kendari, melalui bimbingan bapak Prof. Dr. H.
Zulkifli M M.Si, M.Pd., dan Ibu Erdiyanti S.Ag, M.Pd,
Tujuan utama penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan pendidikan agama
Islam dalam keluarga, budaya religius sekolah dan kedisiplinan beragama siswa di
MAN 1 Kendari (2) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan
pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap kedisiplinan beragama siswa di
MAN 1 Kendari. (3) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan
budaya religius sekolah terhadap kedisiplinan beragama siswa di MAN 1 Kendari.
(4) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan pendidikan
agama Islam dalam keluarga dan budaya religius sekolah terhadap kedisiplinan
beragama siswa di MAN 1 Kendari. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kuantitatif dengan metode survey kausalitas. Berdasarkan hasil
penelitian pada siswa MAN 1 Kendari menunjukan bahwa : (1) pendidikan agama
Islam dalam keluarga dan budaya religius siswa serta kedisiplinan beragama siswa
di MAN 1 Kendari berdasarkan distribusi frekuensi pada masing-masing variabel
berada pada kategori tinggi. (2) pendidikan agama Islam dalam keluarga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan beragama siswa yang
diperoleh nilai thitung sebesar 5,912 > ttabel (2,00856), dan nilai signifikasi sebesar
0,000 < 0,05. (3) budaya religius sekolah berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kedisiplinan beragama siswa yang diperoleh nilai thitung sebesar 8,814 >
ttabel (2,00856), dan diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. (4) serta
pendidikan agama Islam dalam keluarga dan budaya religius sekolah secara
bersama-sama/simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan
beragama siswa yang diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 dan
diperoleh nilai fhitung 45,272 > ftabel 3,18, maka dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak
dan H1 diterima. Dengan nilai kontribusi pendidikan agama Islam dalam keluarga
dan budaya religius sekolah terhadap kedisiplinan beragama siswa sebesar 65%.
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga, Budaya Religius
Sekolah, Kedisiplinan Beragama Siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga, Budaya Religius Sekolah, Kedisiplinan Beragama Siswa |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga, Budaya Religius Sekolah, Kedisiplinan Beragama Siswa |
Subjects: | Pendidikan Kinerja Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 00:50 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 00:50 |
URI: | http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2366 |
Actions (login required)
View Item |