PENGARUH PENGGUNAAN LABORATORIUM TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS XI MIPA SMAN 9 KENDARI

IRFAN(18010109017), I (2023) PENGARUH PENGGUNAAN LABORATORIUM TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS XI MIPA SMAN 9 KENDARI. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 13 December 2023.

Download (4MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

IRFAN, NIM: 18010109017. Pengaruh Penggunaan Laboratorium Terhadap
Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Suhu Dan
Kalor Kelas XI MIPA SMAN 9 Kendari (Dibimbing oleh: Halmuniati. S.Pd,
M.Pd dan La Isa. S.Si, M.Sc
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui apakah terdapat pengaruh
penggunaan laboratorium terhadap minat belajar peserta didik kelas XI MIPA SMAN
9 Kendari. (2) Mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan laboratorium
terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas XI MIPA SMAN 9 Kendari.
Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode survey dengan analisis statistic
deskriptif presentase yang dilaksanakan di SMAN 9 Kendari. Data penelitian ini
diambil menggunakan kuesioner/angket dan soal yang kemudian diberikan kepada
peserta didik kelas XI MIPA menggunakan google form dan tes soal. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh penggunaan laboratorium terhadap minat
belajar peserta didik, karena dilihat dari uji parsial (t) nilai lebih besar
dibandingkan yaitu 7,47 > 1,66, dapat disimpulkan bahwa ditolak dan
diterima berarti terdapat pengaruh X terhadap Y1 atau terdapat pengaruh penggunaan
laboratorium terhadap minat belajar peserta didik. (2) Terdapat pengaruh penggunaan
laboratorium terhadap pemahaman konsep peserta didik, karena dilihat dari uji parsial
(t) nilai lebih besar dibandingkan yaitu 11,7 > 1,66 dapat disimpulkan
bahwa ditolak dan diterima berarti terdapat pengaruh X terhadap Y2 atau
terdapat pengaruh penggunaan laboratorium terhadap pemahaman konsep peserta
didik.
Kata Kunci: Laboratorium, Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Laboratorium, Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik
Uncontrolled Keywords: Laboratorium, Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Fisika
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 13 Dec 2023 06:57
Last Modified: 13 Dec 2023 06:57
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2398

Actions (login required)

View Item View Item