STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF PENGRAJIN PERAHU PINISI DI PANTAI MANDALA RIA DESA ARA KECAMATAN BONTOBAHARI KABUPATEN BULUKUMBA SULAWESI SELATAN

ANDI MEYLA RAMLI (18050101041), A (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF PENGRAJIN PERAHU PINISI DI PANTAI MANDALA RIA DESA ARA KECAMATAN BONTOBAHARI KABUPATEN BULUKUMBA SULAWESI SELATAN. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Andi Meyla Ramli, Nim: 18050101041. Strategi Pengembangan Ekonomi
Kreatif Pengrajin Perahu Pinisi di Pantai Mandala Ria Desa Ara Kecamatan
Bontobahari Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan. dibimbing oleh Dr.
Husain Insawan M.Ag dan Muljibir Rahman S.EI, M.E.Sy. Program Studi
Ekonomi Syariah 2023
Perahu Pinisi merupakan perahu tradisional yang dimiliki nenek moyang yang
masih berkembang hingga saat ini dengan pengetahuan teknik perkapalan
tradisional yang telah terkenal dan diakui sejak berabad-abad yang lalu
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat serta
strategi yang dilakukan para pengrajin perahu pinisi di Pantai Mandala Ria Desa
Ara serta strategi di Pantai Mandala Ria Desa Ara dalam perspektir ekonomi islam.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode
penelitian lapangan (Field Research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah
studi kasus dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Skripsi yang diperoleh adalah (1) Strategi pengembangan Ekonomi kreatif
pengrajin perahu pinisi di Pantai Mandala Ria Desa Ara Kecamatan Bontobahari
Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan menggunakan marketing mix strategi 4P
(Product, Price, Promotion, dan Place). Strategi product yaitu menjaga kualitas
produk, menjaga kemasan produk, dan melakukan pelayanan yang baik. Strategi
price yaitu harga yang terjangkau dan kesesuaian harga dengan kualitas. Strategi
promotion yaitu melakukan promosi langsung kepada konsumen dan melakukan
promosi lewat sosial media. Dan strategi place, pengusaha perahu pinisi memulai
usahanya dengan melihat potensi wisata yang ada untuk menarik pengunjung
melihat pembuatan perahu pinisi. Strategi pengembangan ekonomi kreatif
pengrajin perahu pinisi di Pantai Mandala Ria Desa Ara ditinjau dalam perspektif
pemasaran syariah sudah sesuai dengan karakteristik maqashid Syariah, dengan
menjaga agama, jiwa, keturunan, harta, dan akal, serta tidak melakukan perbuatan
diluar dari yang di perintahkan oleh Allah SWT, serta selalu menjaga kualitas
produk dan bersaing secara sehat dan tidak melakukan kecurangan
ABSTRACT
Andi Meyla Ramli, Nim: 18050101041. Strategi Pengembangan Ekonomi
Kreatif Pengrajin Perahu Pinisi di Pantai Mandala Ria Desa Ara Kecamatan
Bontobahari Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan. Guided by Dr. Husain
Insawan M.Ag and Muljibir Rahman S.EI, M.E.Sy. Islamic Economics Study
Program2023
The Pinisi boat is a traditional boat owned by our ancestors that is still developing
today with knowledge of traditional shipping techniques that have been well�known and recognized for centuries.
This study aims to determine the supporting and inhibiting factors as well as the
strategies carried out by pinisi boat craftsmen at Mandala Ria Beach, Ara Village,
as well as strategies at Mandala Ria Beach, Ara Village, in the perspective of
Islamic economics.
This research uses descriptive qualitative research with field research methods
(Field Research). The approach used is a case study with data collection methods
through observation, interviews and documentation
The research results obtained were (1) The strategy for developing the creative
economy of pinisi boat craftsmen at Mandala Ria Beach, Ara Village, Bontobahari
District, Bulukumba Regency, South Sulawesi, used the 4P strategy marketing mix
(Product, Price, Promotion, and Place). The product strategy is to maintain product
quality, maintain product packaging, and provide good service. The price strategy
is affordable prices and suitability of price with quality. The promotion strategy is
to carry out direct promotions to consumers and carry out promotions through
social media. And with the place strategy, pinisi boat entrepreneurs started their
business by looking at the existing tourism potential to attract visitors to see the
making of pinisi boats. The strategy for developing the creative economy of pinisi
boat craftsmen at Mandala Ria Beach, Ara Village, viewed from a sharia
marketing perspective, is in accordance with the characteristics of maqashid
sharia, by protecting religion, soul, lineage, wealth, and reason, and not doing
anything other than what is ordered by Allah SWT. , and always maintain product
quality and compete fairly and not commit fraud.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Strategi, Ekonomi Kreatif, Pengrajin Perahu Pinisi
Uncontrolled Keywords: Strategi, Ekonomi Kreatif, Pengrajin Perahu Pinisi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 18 Dec 2023 06:23
Last Modified: 18 Dec 2023 06:23
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2425

Actions (login required)

View Item View Item