STRATEGI PEMASARAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK DI SDIT INSANUL FAIZ KONAWE SELATAN

Umi Fauziah, Nim.19010103020, U (2023) STRATEGI PEMASARAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK DI SDIT INSANUL FAIZ KONAWE SELATAN. Diploma thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Umi Fauziah, Nim.19010103020, Strategi Pemasaran Sekolah dalam
Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di SDIT Insanul Faiz Konawe Selatan.
Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negeri
Kendari, Pembimbing I; Dr. Syahrul, M.Pd., Pembimbing II: Dr. samrin, M.Pd.I.
Penelitian ini membahas tentang strategi pemasaran sekolah dalam meningkatkan
jumlah peserta didik di SDIT Insanul Faiz Konawe Selatan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana strategi pemasaran
sekolah dalam meningkatkan jumlah peserta didik. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
wawancara, dan dokumentasi kemudian diolah dan dianalisis dengan menempuh
langkah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Dan subjek penelitian
ini terdiri dari ketua yayasan, kepala sekolah, waka humas, guru, dan orang tua
siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa segmentasi pasar yang dilakukan
SDIT Insanul Faiz yaitu dengan melakukan segmentasi geografi dan psikografi.
Target pasar yang dilakukan SDIT Insanul Faiz lebih diprioritaskan kepada
lulusan TKIT Insanul Faiz, tanpa mengabaikan siswa di TK/RA terdekat se
Kecamatan Andoolo. Penentuan posisi pasar SDIT Insanul Faiz yaitu keunggulan
sekolah dibandingkan sekolah lain adalah yang pertama, program unggulan.
Program Unggulan yang ditawarkan SDIT Insanul Faiz adalah Program Tahsin
dan Tahfidz. Kedua, program pembentukan karakter melalui pembiasaan ibadah
dan adab Islami. Ketiga, kurikulum keislaman. Pada bauran pemasaran sekolah
menawarkan beberapa produk program unggulan. Diantaranya, Peringatan Hari
Besar Islam dan Nasional, Tahfidz, pembiasaan ibadah dan adab Islami, dan
program bulanan. Harga biaya yang ditawarkan oleh sekolah telah disesuaikan
dengan fasilitas dan pelayanan jasa pendidikan yang akan diterima oleh siswa
selama bersekolah. Kualitas SDM sekolah yang akan memberikan proses
pelayanan sudah terkualifikasi secara baik dan profesional, serta didukung oleh
lokasi strategis. SDIT Insanul Faiz telah melakukan kegiatan promosi yang cukup
optimal melalui kegiatan periklanan dengan menggunakan brosur, spanduk, dan
media sosial seperti facebook dan whatsapp.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pemasaran Sekolah
Umi Fauziah, Nim.19010103020, School Marketing Strategy in Increasing the
Number of Students at SDIT Insanul Faiz Konawe Selatan. Islamic Education
Management Study Program Thesis, Kendari State Islamic Institute, Supervisor I;
Dr. Syahrul, M.Pd., Supervisor II: Dr. Samrin, M.Pd.I.
This study discusses the school's marketing strategy in increasing the number of
students at SDIT Insanul Faiz Konawe Selatan. This study aims to find out and
analyze how the school's marketing strategy increases the number of students.
This study uses a qualitative method. Data collection techniques are carried out
by observation, interviews, and documentation then processed and analyzed by
taking the steps of data reduction, data presentation, and data conclusions. And
the subjects of this study consisted of the chairman of the foundation, the head of
the school, vice public relations, teachers, and parents of students. The results of
this study indicate that the educational marketing strategy implemented by SDIT
Insanul Faiz is optimal. This can be seen from the segmentation strategy
implemented using several approaches, the target market is students graduating
from TKIT Insanul Faiz and TK/RA around the Andoolo sub-district. Schools also
carry out positioning with superior programs, character habituation, and good
service, in addition to using the 7P marketing mix strategy (product/product,
price/price, place/place, promotion/promotion, people/people, proof/physical
evidence, and process/process). The products marketed are tahfidz, habituation of
Islamic worship and adab, and monthly programs. The fee price offered by the
school has been adjusted to the educational facilities and services that will be
received by students while attending school. The quality of school human
resources who will provide the service process is well qualified and professional,
and is supported by a strategic location. SDIT Insanul Faiz has carried out quite
optimal promotional activities through advertising activities using brochures,
banners and social media such as Facebook and WhatsApp.
Keywords: Marketing Strategy, School Marketing

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pemasaran Sekolah Keywords: Marketing Strategy, School Marketing
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pemasaran Sekolah Keywords: Marketing Strategy, School Marketing
Subjects: 000 Kelas Umum
Pendidikan
Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 05 Feb 2024 06:16
Last Modified: 05 Feb 2024 06:16
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2457

Actions (login required)

View Item View Item