Astuti. 19010101053, A (2023) Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI Melalui Model Pembelajarankooperatif Tipe STAD Kelas VIII SMPN 1 Menui. Diploma thesis, IAIN KENDARI.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini di1atarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada
pembelajaran PAI di Kelas VIII SMPN 1 Menui. Tujuan penelitian ini adalah
untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran
kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa
kelas VIII C SMP Negeri 1 Menui. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
(PTK), karakteristik yang khas dari penelitian tindakan kelas yakni tindakan (aksi)
yang berulang-ulang memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas VIII C yang terdiri dari 24 orang. Metode pengumpulan
data penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah:
(1) Persentase aktivitas mengajar guru siklus I pertemuan 1 mencapai 60% dan
meningkat pada siklus I pertemuan 2 menjadi 73,33%. Selanjutnya meningkat lagi
pada siklus II pertemuan 1 menjadi 86,67% dan siklus II pertemuan 2 mencapai
100%, (2) Persentase aktivitas belajar siswa melalui model STAD siklus I
pertemuan 1 mencapai 63,63%. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I
pertemuan 2 meningkat menjadi 72,72%. Pada siklus II pertemuan 1 persentase
aktivitas belajar siswa sebesar 90,90% dan pertemuan 2 mencapai 100%, (3)
Presentase aktivitas belajar siswa dengan model STAD pada siklus I pertemuan 1
sebesar 60,71%. Persentase aktivitas belajar siswa dengan model STAD siklus I
pertemuan 2 meningkat menjadi 64,28%. Persentase aktivitas belajar model
STAD siswa pada siklus II pertemuan 1 mencapai 89,28% dan meningkat pada
pertemuan 2 menjadi 96,42%. Kesimpulan ini adalah: aktivitas belajar mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Menui dapat
ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif dengan tipe STAD.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Aktivitas Belaja Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD |
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Belaja Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD |
Subjects: | 200 Agama 200 Agama > 297.07 Pendidikan Islam, Penelitian Islam, dan Topik yang berkaitan Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email Amnaa |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 06:15 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 06:16 |
URI: | http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2458 |
Actions (login required)
View Item |