MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJARSISWA PADA PEMBELAJARAN PAI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD KELAS VIII SMPN 1 MENUI

Astuti. 19010101053, A (2023) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJARSISWA PADA PEMBELAJARAN PAI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD KELAS VIII SMPN 1 MENUI. Diploma thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di1atarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada
pembelajaran PAI di Kelas VIII SMPN 1 Menui. Tujuan penelitian ini adalah
untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran
kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa
kelas VIII C SMP Negeri 1 Menui. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
(PTK), karakteristik yang khas dari penelitian tindakan kelas yakni tindakan (aksi)
yang berulang-ulang memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas VIII C yang terdiri dari 24 orang. Metode pengumpulan
data penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah:
(1) Persentase aktivitas mengajar guru siklus I pertemuan 1 mencapai 60% dan
meningkat pada siklus I pertemuan 2 menjadi 73,33%. Selanjutnya meningkat lagi
pada siklus II pertemuan 1 menjadi 86,67% dan siklus II pertemuan 2 mencapai
100%, (2) Persentase aktivitas belajar siswa melalui model STAD siklus I
pertemuan 1 mencapai 63,63%. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I
pertemuan 2 meningkat menjadi 72,72%. Pada siklus II pertemuan 1 persentase
aktivitas belajar siswa sebesar 90,90% dan pertemuan 2 mencapai 100%, (3)
Presentase aktivitas belajar siswa dengan model STAD pada siklus I pertemuan 1
sebesar 60,71%. Persentase aktivitas belajar siswa dengan model STAD siklus I
pertemuan 2 meningkat menjadi 64,28%. Persentase aktivitas belajar model
STAD siswa pada siklus II pertemuan 1 mencapai 89,28% dan meningkat pada
pertemuan 2 menjadi 96,42%. Kesimpulan ini adalah: aktivitas belajar mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Menui dapat
ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif dengan tipe STAD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Aktivitas Belaja Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belaja Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Subjects: 200 Agama
200 Agama > 297.07 Pendidikan Islam, Penelitian Islam, dan Topik yang berkaitan
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 07 Feb 2024 02:04
Last Modified: 07 Feb 2024 02:04
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2484

Actions (login required)

View Item View Item