PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA ROLLING BALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS III SD NEGERI 102 ANEKA MARGA KABUPATEN BOMBANA

Satya Rizkiyanti Monika, dengan NIM 18010104090, S (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA ROLLING BALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS III SD NEGERI 102 ANEKA MARGA KABUPATEN BOMBANA. Diploma thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Satya Rizkiyanti Monika, dengan NIM 18010104090 ”Penerapan Model
Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Rolling Ball
untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas III SD Negeri 102 Aneka
Marga Kabupaten Bombana”. Dibimbing oleh: Aliwar S.Ag, M.Pd dan Ir.
Muragmi Gazali M.Ed

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penerapan
model pembelajaran Koopertaif Type Teams Games Tournament (TGT) dengan
media Rolling Ball untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada kelas
III SD Negeri 102 Aneka Marga Kabupaten Bombana. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reserch). Adapun subjek pada
penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Negeri 102 Aneka Marga pada tahun ajaran
2022/2023 dengan jumlah siswa 17 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
keterlaksanaan sintaks model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)
dengan media rolling ball telah dilaksanakandengan baik oleh guru dan peserta
didik.Pada siklus I pertemuan pertamaaktivitas guru mencapai 77% dan aktivitas
siswa mencapai 75%. Sedangkan pada siklus I pertemuan kedua aktivitas guru
mencapai 86,36% dan hasil aktivitas siswa yaitu mencapai83%. Sedangkan pada
siklus II pertemuan pertama dan kedua hasil yang diperoleh dari aktivitas guru
dan siswa yaitu mengalami peningkatan yang signifikan. Aktivitas guru pada
siklus II pertemuan pertama mencapai 90% dan aktivitas siswa mencapai 95,83%.
Selanjutnya pada pertemuan kedua siklus II aktivitas guru mencapai 100% dan
aktivitas siswa juga mencapai 100%. Dengan demikian terjadi adanya perubahan
peningkatan aktivitas guru dan siswa.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
hasil belajar siswa mengalami peningkatan berdasarkan hasil tes yang
diberikan.Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum
dilakukannya tindakan memperoleh nilai rata-rata 68 dengan nilai persentase
ketuntasan belajar 65% atau siswa yang memperoleh nilai >70 sebanyak 11 siswa,
dan setelah dilakukannya tindakan pada siklus I memperoleh hasil nilai rata-rata
74 dengan persentase ketuntasan menjadi 76% sedangkan siswa yang memperoleh
nilai >70 meningkat menjadi 13 siswa. Kemudian pada siklus II peningkatan hasil
belajar siswa mengalami peningkatan secara signifikan yaitu dengan nilai rata-rata
88,52 dan persentase ketuntasan mencapai 88%. Siswa yang memperoleh nilai
>70 yaitu sebanyak 15 siswa. berdasarkan uraian tersebut maka dapat dikatakan
bahwa pembelajaran dengan menerapkan model Teams Games Tournament
(TGT) dengan media rolling ball dapat meningkatkan hasil belajar pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri 102 Aneka Marga.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT); Media
Rolling Ball; Hasil Belajar; Bahasa Indonesia

ABSTRACT

Satya Rizkiyanti Monika, NIM. 18010104090 " Applying The Teams Games
Tournament (TGT) Coopertaive Learning Model With Rolling Ball Media To
Improve Indonesian Language Learning Outcomes In Class III SD Negeri 102
Aneka Marga Kabupaten Bombana ". Guided by: Mr. Aliwar S.Ag, M.Pd and
Mr. Ir. Muragmi Gazali M.Ed

This study aims to determine the steps of applying the Teams Games Tournament
(TGT) coopertaive learning model with Rolling Ball media to improve Indonesian
language learning outcomes in class III SD Negeri 102 Aneka Marga Kabupaten
Bombana. This research is a Classroom Action Research. The subjects in this
study were third grade students of SD Negeri 102 Aneka Marga in the 2022/2023
school year with 17 students. The results showed that the implementation of the
syntax of the Teams Games Tournament (TGT) learning model with rolling ball
media was well implemented by teachers and students. In cycle I, the first meeting
of teacher activity reached 77% and student activity reached 75%. Whereas in
cycle I the second meeting of teacher activity reached 86.36% and the results of
student activity reached 83%. Meanwhile, in cycle II, the first and second
meetings of the results obtained from teacher and student activities experienced a
significant increase. Teacher activity in the first meeting of cycle II reached 90%
and student activity reached 95.83%. Furthermore, at the second meeting of cycle
II, teacher activity reached 100% and student activity also reached 100%. Thus
there was a change in the increase in teacher and student activities. The results of
this study indicate that student learning outcomes have increased based on the
results of the tests given. Student learning outcomes in Indonesian language
subjects before the action obtained an average score of 68 with a percentage
value of learning completeness of 65% or students who scored >70 as many as 11
students, and after the action in cycle I obtained an average score of 74 with a
percentage of completeness to 76% while students who scored >70 increased to
13 students. Then in cycle II, the increase in student learning outcomes increased
significantly, namely with an average score of 88.52 and the percentage of
completeness reached 88%. Based on this description, it can be said that learning
by applying the Teams Games Tournament (TGT) model with rolling ball media
can improve learning outcomes in Indonesian language subjects for grade III
students of SD Negeri 102 Aneka Marga.

Keywords: Teams Games Tournament (TGT) Learning Model; Rolling Ball
Media; Learning Outcomes; Indonesia Language

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT); Media Rolling Ball; Hasil Belajar; Bahasa Indonesia
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT); Media Rolling Ball; Hasil Belajar; Bahasa Indonesia
Subjects: Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 01 Aug 2023 01:41
Last Modified: 01 Aug 2023 01:41
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/249

Actions (login required)

View Item View Item