ANALISIS KEGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI PRODUK “WS BOUTIQUE KENDARI” DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

Hesmi Dewiyanti, NIM : 2020050101115,, H (2023) ANALISIS KEGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI PRODUK “WS BOUTIQUE KENDARI” DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (476kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (582kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (238kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (293kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Hesmi Dewiyanti, NIM : 2020050101115. “Analisis Kegunaan
Media Sosial Instagram sebagai Sarana Promosi Produk WS
Boutique Kendari Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Syariah”
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Kendari, melalui pembimbing I DR. Wahyudin Maguni SE,
M.SI dan pembimbing II Nurjannah S.Kom, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media
sosial Instagram sebagai sarana promosi produk WS Boutique Kendari
Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Syariah. Rumusan masalah dalam
penelitian ini yaitu: (1) kegunaan media sosial Instagram WS Boutique
Kendari dalam memenuhi kebutuhan fashion konsumen (2) Bagaimana
strategi promosi melalui penggunaan media sosial Instagram dalam
meningkatkan penjualan produk WS Boutique Kendari, (3) Bagaimana
tinjauan perspektif ekonomi syariah terkait promosi produk WS
Boutique Kendari melalui Instagram. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan datanya adalah
melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini
menjelaskan bahwa : (1) Kehadiran Instagram sangat berguna bagi WS
Boutique untuk kegiatan promosinya. WS boutique dapat melakukan
promosi dimana saja dan kapan saja. Selain itu, dengan adanya akun
Instagram WS Boutique banyak konsumen yang merasa terbantu dalam
mencari inspirasi dan pemenuhan kebutuhan fashion mereka. (2) Dalam
melakukan promosi WS Boutique selalu memaksimalkan fitur-fitur
yang ada di Instagram dalam kegiatan promosinya. Fitur yang paling
sering digunakan adalah Instagram story dan live. Kedua fitur ini
terbukti efektif dalam meningkatkan jumlah penjualan produknya. (3)
Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti kepada para
responden menunjukkan bahwa segala aktivitas bisnis yang dilakukan
oleh WS Boutique telah sesuai dengan yang Rasulullah ajarkan dalam
berdagang, diantaranya shiddiq, amanah, fathanah, dan tabligh.
Kata Kunci : Instagram, Promosi, Ekonomi Islam

ABSTRACT
Hesmi Dewiyanti, NIM : 2020050101115, “Analysis of the
Usefulness of Instagram Social Media as a Means of Promotion for
WS Boutique Kendari Products Seen from a Sharia Economic
Perspective” Faculty of Islamic Economics and Business, State
Islamic Institute (IAIN) Kendari, through supervisor I DR.
Wahyudin Maguni SE, M.SI and supervisor II Nurjannah S. Kom,
M.Pd
This research aims to analyze the use of Instagram social media
as a means of promoting WS Boutique Kendari products from a Sharia
Economic Perspective. The formulation of the problem in this research
is: (1) the use of Instagram WS Boutique Kendari social media in
meeting consumer fashion needs (2) What is the promotional strategy
through the use of Instagram social media in increasing sales of WS
Boutique Kendari products, (3) How is the review of the related sharia
economic perspective promotion of WS Boutique Kendari products via
Instagram. This research uses a qualitative approach with data
collection methods through interviews, observation and documentation.
The results of this research explain that: (1) The presence of Instagram
is very useful for WS Boutique for its promotional activities. WS
boutique can carry out promotions anywhere and anytime. Apart from
that, with the WS Boutique Instagram account, many consumers feel
helped in finding inspiration and fulfilling their fashion needs. (2)
When promoting WS Boutique, it always maximizes the features on
Instagram in its promotional activities. The most frequently used
features are Instagram stories and live. These two features have proven
effective in increasing the number of product sales. (3) Based on the
results of interviews conducted by researchers with respondents, it
shows that all business activities carried out by WS Boutique are in
accordance with what the Prophet taught in trading, including shiddiq,
amanah, fathanah, and tabligh.
Keywords : Instagram, Promotion, Islamic Economic

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci : Instagram, Promosi, Ekonomi Islam
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Instagram, Promosi, Ekonomi Islam
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Digital
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 06 May 2024 01:33
Last Modified: 06 May 2024 01:33
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2542

Actions (login required)

View Item View Item