KREATIVITAS GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENCIPTAKAN SUASANA PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DI MA LEMO BAJO

Wa Nurdiana. 19010101240, W (2023) KREATIVITAS GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENCIPTAKAN SUASANA PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DI MA LEMO BAJO. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (531kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (891kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (608kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf

Download (719kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (521kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (663kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Wa Nurdiana. 19010101240. Kreativitas Guru Akidah Akhlak Dalam
Menciptakan Suasana Pembelajaran Yang Efektif di MA DDI Lemo Bajo.
Dibimbing Oleh: Dr. H. Herman M.Pd.I, dan Raehang S.Ag, M. Pd.I,
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kreativitas guru akidah
akhlak dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif di MA DDI Lemo
Bajo serta faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian kualitatif, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif. Prosedur
pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Kemudian dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk
kreativitas guru akidah akhlak dalam menciptakan suasana pembelajaran yang
efektif di MA DDI Lemo Bajo meliputi a) kreativitas guru akidah akhlak dalam
menggunakan sumber belajar yaitu dengan menggunakan beberapa sumber belajar
sebagai acuan referensi dalam pembelajaran seperti buku paket akidah akhlak,
buku pendukung yang relevan, dan juga mengakses dari internet berupa jurnal dan
sumber materi lainnya b) kreativitas guru akidah akhlak dalam menggunakan
metode pembelajaran yaitu dengan menggunakan beberapa metode (multimetode)
seperti metode ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, keteladanan, dan
metode pemberian tugas, penggunaan metode-metode tersebut menyesuaikan
dengan materi pelajaran yang akan disampaikan c) Kreativitas guru akidah akhlak
dalam mengelola kelas mulai dari kegiatan pendahuluan hingga ditengah proses
pembelajaran yaitu mengecek keadaan kelas, pemberian motivasi kepada siswa,
menunjukkan sikap tanggap seperti memberi reaksi ketika terjadinya gangguan di
tengah proses pembelajaran berupa pemberian yel-yel, pemberian teguran dalam
bentuk pertanyaan terkait materi, dan juga pemberian nasehat. 2) Faktor
pendukung dan penghambat kreativitas guru akidah akhlak dalam menciptakan
suasana pembelajaran yang efektif yaitu a) faktor pendukung meliputi faktor
siswa yang mana mereka bisa menerima apa yang guru akidah akhlak terapkan
atau berikan dan faktor lingkungan, lingkungan tersebut bisa berasal dari
lingkungan sekolah itu sendiri atau lingkungan keluarga/orang tua. b) faktor
penghambat yaitu kembali kefaktor siswa karena biasanya terdapat beberapa
siswa yang lumayan sulit untuk dikondisikan, faktor lingkungan keluarga/orang
tua, dan faktor sarana dan prasarana sekolah yang belum cukup memadai.
Kata Kunci: Kreativitas Guru Akidah Akhlak, Pembelajaran Efektif

ABSTRACT
Wa Nurdiana. 19010101240. Creativity Akidah Akhlak Teachers in Creating an
Effective Learning Atmosphere at MA DDI Lemo Bajo. Supervised by: Dr. H.
Herman M.Pd.I, dan Raehang S.Ag, M. Pd.I,
This research aims to describe the forms of creativity akidah akhlak teachers in
creating an effective learning atmosphere at MA DDI Lemo Bajo as well as
supporting and inhibiting factors. This research is a type of qualitative research,
the researcher uses a descriptive approach. Data collection procedures use
observation, interview and documentation techniques. Then analyzed using data
reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this
research show that: 1) The form of creativity akidah akhlak teachers in creating
an effective learning atmosphere at MA DDI Lemo Bajo includes a) the creativity
akidah akhlak teachers in using learning resources, namely by using several
learning resources as references in learning such as aqidah package books
morals, relevant supporting books, and also access from the internet in the form
of journals and other material sources b) creativity akidah akhlak teachers in
using learning methods, namely by using several methods (multimethods) such as
lecture, discussion, question and answer, demonstration, example, and
assignment methods, the use of these methods adapts to the subject matter to be
delivered c) Creativity akidah akhlak teachers in managing the class starting from
preliminary activities to the middle of the learning process, namely checking the
condition of the class, providing motivation to students, showing a responsive
attitude such as giving reactions when disturbances occur in the middle of the
learning process in the form of shouting, giving warnings in the form of questions
related to the material, and also giving advice. 2) Supporting and inhibiting
factors for the creativity akidah akhlak teachers in creating an effective learning
atmosphere, namely a) supporting factors include student factors where they can
accept what the moral belief teacher applies or provides and environmental
factors, this environment can come from the school environment itself or
family/parental environment. b) inhibiting factors, namely returning to student
factors because usually there are some students who are quite difficult to
condition, family/parental environmental factors, and school facilities and
infrastructure factors that are not yet adequate.
Keywords: Creativity Akidah Akhlak Teachers, Effective Learning

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Kreativitas Guru Akidah Akhlak, Pembelajaran Efektif
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kreativitas Guru Akidah Akhlak, Pembelajaran Efektif
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 07 May 2024 00:29
Last Modified: 07 May 2024 01:08
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2548

Actions (login required)

View Item View Item