STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN HAJI PADA BANK SYARIAH INDONESIA KCP KENDARI LEPO-LEPO

Indrasti (2020050101008)., I (2024) STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN HAJI PADA BANK SYARIAH INDONESIA KCP KENDARI LEPO-LEPO. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (435kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (657kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (250kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf

Download (740kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (230kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Indrasti (2020050101008). Program Studi Ekonomi Syariah
Institut Agama Islam (IAIN) Kendari, Strategi Pemasaran
Tabungan Haji pada Bank Syariah Indonesia Kcp Kendari Lepo�lepo. Dibimbing oleh Alfian Toar S.P.,M.M, dan Kiki Novita Sari
ME
Bank Syariah Indonesia KCP Kendari Lepo-lepo merupakan bank
syariah yang mempunyai produk tabungan haji. Dalam memasarkan
produknya Bank Syariah Indonesia KCP Kendari Lepo-lepo
menggunakan metode Segmentasi Pasar, Target Pasar, dan Posisi Bank
Syariah Indonesia sebagai lembaga keuangan yang juga sekaligus
pengelola dana tabungan haji dan Marketing Mix. Salah satunya adalah
strategi promosi. Namun, dari beberapa strategi promosi yang
diterapkan, hanya satu strategi yang masih digunakan yaitu cross
selling. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran sesuai
dengan masalah yang sudah diidentifikasikan. Tujuan yang hendak
dicapai peneliti yaitu untuk mendeskripsikan strategi pemasaran produk
tabungan haji di Bank Syariah Indonesia KCP Kendari Lepo-lepo dan
untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi Bank Syariah Indonesia
KCP Kendari Lepo-lepo dalam memasarkan produknya. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research)
dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data
penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sekunder dengan
teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan
yakni analisis data kualitatif, karena data yang didapat berupa uraian�uraian atau keterangan-keterangan yang didapat dari kegiatan
wawancara. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa strategi
pemasaran produk tabungan haji Indonesia di Bank Syariah Indonesia
KCP Kendari Lepo-lepo, yaitu diimplementasikan menggunakan

analisa segmentasi, target, posisi dan marketing mix atau bauran
pemasaran 7P : product (produk), price (harga), place (tempat),
promotion (promosi), people (orang), physical evidence (bukti fisik),
dan process (proses). Produk Tabungan Haji Indonesia ini dipasarkan
melalui : door to door, cross selling, dan periklanan.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Produk Tabungan Haji, Bank
Syariah

ABSTRACT
Indrasti (2020050101008). Islamic Economics Study Program,
Islamic Institute (IAIN) Kendari, Marketing Strategy for Hajj
Savings at Bank Syariah Indonesia Kcp Kendari Lepo-lepo.
Supervised by Alfian Toar S.P., M.M, and Kiki Novita Sari ME
Bank Syariah Indonesia KCP Kendari Lepo-lepo is a sharia bank that
has Hajj savings products. In marketing its products, Bank Syariah
Indonesia KCP Kendari Lepo-lepo uses the Market Segmentation,
Market Target and Position methods of Bank Syariah Indonesia as a
financial institution which also manages Hajj savings funds and the
Marketing Mix. One of them is a promotional strategy. However, of the
several promotional strategies implemented, only one strategy is still
used, namely cross selling. The aim of this research is to obtain an
overview of the problems that have been identified. The aim that the
researcher wants to achieve is to describe the marketing strategy for
Hajj savings products at Bank Syariah Indonesia KCP Kendari Lepo�lepo and to describe the obstacles faced by Bank Syariah Indonesia
KCP Kendari Lepo-lepo in marketing its products. The type of research
used is field research using a qualitative descriptive approach. The data
sources for this research were obtained from primary and secondary
data sources using interview and documentation techniques. The data
analysis used is qualitative data analysis, because the data obtained is in
the form of descriptions or information obtained from interview
activities. The results of this research show that the marketing strategy
for Indonesian Hajj savings products at Bank Syariah Indonesia KCP
Kendari Lepo-lepo is implemented using segmentation analysis, target,
position and marketing mix or 7P marketing mix: product, price, place
(place), promotion (promotion), people (people), physical evidence
(physical evidence), and process (process). This Indonesian Haji
Savings product is marketed through: door to door, cross selling, and
advertising.
Keywords: Marketing Strategy, Hajj Savings Products, Sharia Bank

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Produk Tabungan Haji, Bank Syariah
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Produk Tabungan Haji, Bank Syariah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 332 Ekonomi Keuangan > 332.041 Modal, Permodalan > 332.17 Layanan Bank
Ekonomi > Bank Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 13 Jun 2024 03:11
Last Modified: 13 Jun 2024 03:11
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2706

Actions (login required)

View Item View Item