PERAN GURU BIOLOGI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 10 KENDARI

HELFIN, NIM: 17010108034, H (2022) PERAN GURU BIOLOGI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 10 KENDARI. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
HELFIN, NIM: 17010108034 Peran Guru Biologi Dalam
Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Di SMA Negeri 10 Kendari.
Dibimbing oleh Dr. Mansyur M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru biologi di SMA
Negeri 10 Kendari dalam mengimplementasikan kurikulum 2013, untuk
mengetahui faktor penghambat implementasi kurikulum 2013. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kualitatif, yang menjadi sumber dari penelitian ini adalah guru
biologi dan wakasek kurikulum SMA Negeri 10 Kendari yang di ambil melalui
Teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Instrument penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara. Teknik analisis data
dilakukan dalam 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru dalam
mengimplementasikan kurikulum 2013 guru sebagai pendidik, pengembang
kurikulum dan peneliti kurikulum, guru tidak hanya bertugas sebagai pelaksana
kurikulum tetapi guru juga sebagai penyelaras kurikulum dengan karakter dan
kebutuhan siswa, guru memiliki tugas membimbing, mengajar. Faktor
penghambat dalam pengimplementasian kurikulum guru tidak mengalami
hambatan dalam penghimplementasian kurikulum dikarenakan sebelum
penerapan kurikulum guru sudah terlebih dahulu mengikuti pelatihan.
Kata kunci: peran guru biologi dan implementasi kurikulum

ABSTRACT
HELFIN, NIM: 17010108034 The Role of Biology Teachers in Implementing
the 2013 Curriculum at SMA Negeri 10 Kendari. Supervised by Dr.
Mansyur M.Pd
This study aims to determine the role of biology teachers in SMA Negeri
10 Kendari in implementing the 2013 curriculum, to find out the inhibiting factors
for implementing the 2013 curriculum. taken through the technique of
observation, interviews, documentation. The research instrument used in this
study is the interview guide. The data analysis technique was carried out in 3
stages, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions.
The results of this study indicate that the teacher's role in implementing the
2013 curriculum is the teacher as educator, curriculum developer and curriculum
researcher, the teacher is not only tasked with implementing the curriculum but
also as a curriculum aligner with the character and needs of students, the teacher
has the task of guiding, teaching. The inhibiting factor in implementing the
curriculum, the teacher did not experience obstacles in implementing the
curriculum because before the implementation of the curriculum the teacher had
already attended training.
Keywords: the role of biology teachers and curriculum implementation.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata kunci: peran guru biologi dan implementasi kurikulum
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: peran guru biologi dan implementasi kurikulum
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.12 Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
300 Ilmu Sosial > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
300 Ilmu Sosial > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:20
Last Modified: 27 Jun 2024 03:33
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2771

Actions (login required)

View Item View Item