PERSEPSI MAHASISWA KPI TERHADAP BERITA ASUSILA DUA BELAS SANTRIWATI OLEH GURU PESANTREN DI BANDUNG JAWA BARAT PADA MEDIA ONLINE KOMPAS.COM

Nur Alim. NIM. 18030101006., N (2023) PERSEPSI MAHASISWA KPI TERHADAP BERITA ASUSILA DUA BELAS SANTRIWATI OLEH GURU PESANTREN DI BANDUNG JAWA BARAT PADA MEDIA ONLINE KOMPAS.COM. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (5MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Alim. NIM. 18030101006. Persepsi Mahasiswa Prodi KPI Terhadap Berita
Asusila Yang Terjadi Di Bandung Jawa Barat Pada Media Online Kompas.com.
Dibimbing oleh: Sitti Fauziah M, S.Pd.I, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesepsi mahasiswa Program Studi
Komunikasi dan Penyiaran Islam mengenai berita asusila yang terjadi di Bandung
Jawa Barat pada media online kompas.com serta efek dari pemberitaan tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilakukan di Fakultas Ushuluddin,
Adab dan Dakwah IAIN Kendari. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Data lalu dianalisis menggunakan teori persepsi Irwanto yang
terdiri dari persepsi positif dan negatif, Serta teori efek komunikasi massa Karlinah
yang terdiri dari efek kognitif, afektif, dan behavioral. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa persepsi positif yaitu skeptis dalam memilih lembaga
pendidikan baik pesantren maupun umum serta menjaga diri dan meninggalkan
lingkungan buruk, taat kepada norma agama, persepsi negatif yaitu menimbulkan
interpretasi buruk terhadap lembaga pesantren dan kekhwatiran orang tua. Sedangkan
efek kognitif, bahwa kompas.com memberikan pengetahuan dan wawasan terhadap
mahasiswa yaitu ketergantungan dan kebutuhan informasi terhadap media berita
online, adanya proses transmisi pengetahuan serta penambahan informasi baru.
Sedangkan efek afektif, pengguna media kompas.com menentukan sikap terhadap
berita yang diperoleh, sikap tersebut yaitu merasa simpatik terutama yang berkaitan
dengan kehidupan sosial seseorang. Adapun efek behavioral berpengaruh terhadap
perilaku mahasiswa ketika memperoleh informasi dari berita, terutama mengetahui
bagaimana cara penulisan berita yang baik.
Kata Kunci : Persepsi, Mahasiswa, Berita, Kompas.com, Efek.
ABSTRACT
Nur Alim. NIM. 18030101006. KPI Study Program Students' Perceptions of Immoral
News that Happened in Bandung, West Java on Online Media Kompas.com.
Supervised by: Sitti Fauziah M, S.Pd.I, M.Pd.
This study aims to determine the perceptions of students of the Islamic
Communication and Broadcasting Study Program regarding immoral news that
occurred in Bandung, West Java on the online media Kompas.com and the effects of
the news. This study used a qualitative method which was conducted at the Faculty of
Ushuluddin, Adab and Da'wah IAIN Kendari. Collecting data through observation,
interviews, and documentation. The data were then analyzed using Irwanto's
perception theory which consisted of positive and negative perceptions, as well as
Karlinah's theory of mass communication effects which consisted of cognitive,
affective, and behavioral effects. The results of this study indicate that positive
perceptions are skeptical in choosing educational institutions, both Islamic boarding
schools and the general public, and taking care of themselves and leaving bad
environments, obeying religious norms, negative perceptions, namely giving rise to
bad interpretations of Islamic boarding schools and concerns of parents. While the
cognitive effect, that kompas.com provide knowledge and insight to students.
Meanwhile, affective effects, Kompas.com media users determine attitudes towards
the news obtained. The behavioral effects affect student behavior when obtaining
information from the news.
Keyword : Perception, Student, News, Kompas.com, Effect.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci : Persepsi, Mahasiswa, Berita, Kompas.com, Efek.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Persepsi, Mahasiswa, Berita, Kompas.com, Efek.
Subjects: 000 Kelas Umum > 006.754 Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Ilmu Sosial > 378 Pendidikan Tinggi, Unversitas
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 28 Jun 2024 02:37
Last Modified: 28 Jun 2024 02:51
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2784

Actions (login required)

View Item View Item