PENDIDIKAN MORAL ANAK KELUARGA BROKEN HOME (Studi Kasus di Desa Matabondu Kecamatan Tirawuta Kabupaten Kolaka Timur)

Niken Estiyar. 2022. P, N (2023) PENDIDIKAN MORAL ANAK KELUARGA BROKEN HOME (Studi Kasus di Desa Matabondu Kecamatan Tirawuta Kabupaten Kolaka Timur). Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 cover.pdf

Download (631kB)
[img] Text
2 bab I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
3 bab II.pdf

Download (602kB)
[img] Text
4 bab III.pdf

Download (182kB)
[img] Text
5 bab IV.pdf

Download (364kB)
[img] Text
6 bab V.pdf

Download (69kB)
[img] Text
7 daftar pustaka.pdf

Download (127kB)
[img] Text
8 lampiran.pdf

Download (912kB)

Abstract

ABSTRAK
Niken Estiyar. 2022. Pendidikan Moral Anak Pada Keluarga Broken Home
(Studi Kasus di Desa Matabondu Kecamatan Tirawuta Kabupaten Kolaka Timur)
Program Magister Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Kendari. Dosen Pembimbing: Dr.H. Nur Alim, M.Pd dan Dr.H. Pairin, M.A
Penelitian ini membahas tentang Pendidikan Moral Anak Pada Keluarga
Broken Home (Studi Kasus di Desa Matabondu Kecamatan Tirawuta Kabupaten
Kolaka Timur). Fokus penelitian yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) deskripsi
keluarga broken home di Desa Matabodu Kecamatan Tirawuta Kabupaten Kolaka
Timur, 2)pendidikan moral anak pada keluarga broken home di Desa Matabondu,
Kecamatan Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur.3)gambaran pendidikan moral anak
pada keluarga broken home di Desa Matabondu, Kecamatan Tirawuta, Kabupaten
Kolaka Timur. Dengan demikian, tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui pendidikan moral anak pada keluarga broken home di Desa
Matabondu, Kecamatan Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur, Mengetahui faktor
penghambat dan pendukung dalam pendidikan moral anak pada keluarga broken
home dan solusi yang ditemukan dalam pendidikan moral anak pada keluarga broken
home. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) dan
bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengadakan
reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan tahap akhir dari analisis data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keluarga broken home di desa Matabondu
Kecamatan Tirawuta Kabupaten Kolaka Timur mengalami tidak harmonis sehingga
memilih untuk bercerai, dalam pendidikan moral anak pada keluarga broken home
dengan menggunakan: metode teladan, percakapan, pembiasaan diri dan pengalaman,
nasihat dan hukuman. Sedangkan gambaran moral anak terdapat tidak semua anak
yang mengalami broken home memiliki moral yang tidak baik, adapun faktor
penghambat dan pendukung: karena faktor anak malas untuk belajar, perilaku
menyimpang anak dan kurangnya pemahaman dalam pendidikan Islami. Adapun
faktor pendukung yaitu pemberian pendidikan moral sejak dini sehingga anak
terbiasa dengan sadar berperilaku sesuai dengan norma yang berlaku, memberikan
pendidikan yang tidak hanya anak belajar di pendidikan formal anak juga perlu
belajar di pendidikan non formal. Solusi dalam masalah ini dengan pemberian moral
yang mendalam, pentingnya agama untuk membentengi moral anak dan membatasi
pergaulan anak
Kata Kunci : Pendidikan Moral Anak Keluarga Broken Home

ABSTRACT
Niken Estiyar. 2022 Moral Education of Children in Broken Home Family
(case study in Matabondu Village, Tirawuta District, East Kolaka Regency) Masters
Program in Islamic Religious Education, State Islamic Institute (IAIN) Kendari.
Supervisor: Dr. Nur Alim, M.Pd and Dr. Pairin, M.A
This paper discusses moral education of children in broken home family (case
study in Matabondu Village, Tirawuta District, East Kolaka Regency). The fokus of
the research examined in this study are: 1) How is the description of a broken home
family in Matabondu Village, Tirawuta District, East Kolaka Regency?. 2) How is
the moral education of children in broken home families in Matabondu Village,
Tirawuta District, East Kolaka Regency? 3) How is the picture of children’s moral
education in broken home families in Matabondu Village, Tirawuta District, East
Kolaka Regency? Thus the goal to be achieved in this study is to determine the moral
education of children in broken home families in Matabondu Village, Tirawuta
District, East Kolaka Regency. Knowing the in hibiting and supporting factors in
children’s moral education in broken home families and the solutions found in
children’s moral education in broken home families.This type of research is a type of
field research and is descriptivev qualitative. Data collection is done by observation,
interview, and documentation. Data analysis is carried out by examining the existing
data and then conducting data reduction, presenting data, drawing conclusions and
the final stage of data analysis.
The results of this study indicate thet the moral education of children in broken home
families in the village of Matabondu, Tirawuta District, East Kolaka Regency using:
examplary method of hiwar or conversation of self habituation and experience of
advice and punishment. While the inhibiting and supporting factors are because
children are lazy to learn children’s deviant behavior and lack of understanding in
islamic education. The supporting factor is the provision of moral education from an
early age so that children are familiar with not only children studying in formal
education, children also need to study in non formal education. The solution to this
problem is by giving deep morals, the importance of religion. To fortify children’s
morals and limit children’s association.
keyword: Moral Education for Childern, Broken Home Family

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci : Pendidikan Moral Anak Keluarga Broken Home
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pendidikan Moral Anak Keluarga Broken Home
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 306 Kebudayaan & Pranata > 306.85 Keluarga
Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 08 Jul 2024 01:50
Last Modified: 08 Jul 2024 01:50
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2823

Actions (login required)

View Item View Item