STRATEGI PEMASARAN DALAM PERSAINGAN USAHA (STUDI KASUS PEDAGANG BAKSO DI KECAMATAN BARUGA KOTA KENDARI)

SARNI, Nim: 2020050101091., S (2024) STRATEGI PEMASARAN DALAM PERSAINGAN USAHA (STUDI KASUS PEDAGANG BAKSO DI KECAMATAN BARUGA KOTA KENDARI). Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (509kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (239kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf

Download (466kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (254kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
SARNI, Nim: 2020050101091. Strategi Pemasaran Dalam
Persaingan Usaha (Studi Kasus Pedagang Bakso di Kecamatan
Baruga Kota Kendari). Melalui Pembimbing 1 Ibu Dr. Hj. Ummi
Kalsum M. Ag, dan Pembimbing II Ibu Dra. Beti Mulu M. Pd.I,.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran
yang dapat digunakan oleh pedagang bakso untuk menghadapi
persaingan. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini
mengajukan dua pertanyaan utama: 1. Bagaimana strategi pemasaran
yang diterapkan oleh pedagang bakso di Kecamatan Baruga, Kota
Kendari dan 2. Bagaimana bentuk persaingan usaha pedagang bakso di
Kecamatan Baruga, Kota Kendari. Penelitian ini bersifat deskriptif
kualitatif dengan pengumpulan data yang terutama berupa kata-kata,
gambar, wawancara, catatan lapangan, dan dokumen pribadi. Data
penelitian mengungkapkan bahwa strategi pemasaran dan persaingan
usaha yang diterapkan oleh pedagang bakso melibatkan bauran
pemasaran, termasuk produk, harga, lokasi, promosi dan pelayanan.
Strategi bauran pemasaran terdapat 5 prinsip yang biasa digunakan
yakni product, price, place promotion dan pelayanan. Strategi
pemasaran mencakup semua kegiatan yang ada dalam suatu organisasi
bisnis termasuk dalam pemasaran bakso yang ada di Kecamatan Baruga
Kota Kendari.Penelitian ini melibatkan narasumber seperti pemilik
warung bakso dan konsumen di Kecamatan Baruga. Kesimpulan dari
penelitian ini menekankan pentingnya memilih lokasi yang strategis
dalam bauran pemasaran, sambil mempertimbangkan kebutuhan
pelanggan, kenyamanan konsumen, dan keberlanjutan lingkungan.
Untuk menghadapi persaingan, penting bagi pedagang bakso untuk
menetapkan harga yang kompetitif, menghindari praktik harga yang
merugikan semua pihak, dan memastikan kualitas produk yang dijaga.
Kata kunci: Strategi pemasaran dan persaingan usaha.
ABSTRACT
SARNI, SID: 2020050101091. Marketing strategy in Business
Compotition (Case Study of Meatball Tradres in Baruga District.
Kendari City). Faculty of Islamic Economics and Business. State
Islamic Institute (IAIN) Kendari. Through Supervisor I Mrs. Dr.
Hj. Ummi Kalsum M.Ag. And Supervisor II Mrs. Dra. Beti Mulu
M.Pd. I.
This research aims to analyze marketing strategies that can be
used by meatball traders to face competition. Based on these problems,
this research asks two main questions: 1. What marketing strategies are
implemented by meatball traders in Baruga District, Kendari City and
2. What is the form of business competition for meatball traders in
Baruga District, Kendari City. This research is descriptive qualitative in
nature with data collection mainly in the form of words, images,
interviews, field notes and personal documents. Research data reveals
that the marketing and business competition strategies implemented by
meatball traders involve a marketing mix, including product, price,
location, promotion and service. In the marketing mix strategy there are
5 principles that are commonly used, namely product, price, place
promotion and service. As previously explained, marketing strategy
covers all activities within a business organization, including the
marketing of meatballs in Baruga District, Kendari City. This research
involved sources such as meatball shop owners and consumers in
Baruga District. The conclusions of this research emphasize the
importance of choosing a strategic location in the marketing mix, while
considering customer needs, consumer convenience, and environmental
sustainability. To face competition, it is important for meatball traders
to set competitive prices, avoid price practices that harm all parties, and
ensure product quality is maintained.
Keywords: Marketing strategy and business competition.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata kunci: Strategi pemasaran dan persaingan usaha.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Strategi pemasaran dan persaingan usaha.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 381 Perdagangan
600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 658 Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Manajemen Distribusi > 658.81 Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:13
Last Modified: 15 Jul 2024 02:13
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2839

Actions (login required)

View Item View Item