STRATEGI PEMASARAN GADAI EMAS PADA PRODUK RAHN PT. BANK SYARIAH INDONESIA KCP YOS SUDARSO KOTA BAU-BAU

Muhammad Arsyah lutfi (2021)., M (2023) STRATEGI PEMASARAN GADAI EMAS PADA PRODUK RAHN PT. BANK SYARIAH INDONESIA KCP YOS SUDARSO KOTA BAU-BAU. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (399kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (462kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (318kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf

Download (757kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (234kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Arsyah lutfi (2021). Program Studi Perbankan Syariah
Institut Agama Islam (IAIN) Kendari, Strategi Pemasaran.Gadai
Emas Produk Rahn pada PT. Bank..Syariah Indonesia Kantor
Cabang Pembantu Yos Sudarso Kota Bau-Bau. Dibimbing oleh
Alfian Toar SP, MM dan Nurjannah, S.Kom, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk menguji strategi pemasran gadai
emas pada produk rahn.PT. Bank Syariah Indonesia Kantor cabang
pembantu Yos Sudarso Kota Bau-Bau dan..implementasi strategi
pemasaran dalam.menarik minat nasabah di Bank Syariah Indonesia
Kantor Cabang Pembantu Yos Sudarso Kota Bau-Bau. Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik
pengumpulan data...melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
reduksi data (Data Reductation), penyajian data (Data Display),
penarikan kesimpulan dan keabsahan data. Pengecakan keabsahan data
yang digunakan adalah triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan
triangulasi waktu. Penelitian ini dilakukan berdasarkan prosedur
penelitian yang menghasilkan data deskriptif, berupa data-data tertulis
atau lisan dari karyawan Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang
Pembantu Yos Sudarso Kota Bau-Bau tentang prosedur strategi
pemasaran gadai emas dan menarik minat nasabah.
Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan bahwa Bank
Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Yos Sudarso Kota Bau�bau melakukan propesperencanaanstrategi produk gadai emas (Rahn).
Hal ini dapat dilihat dari meliputi empat variabel bauran pemasaran
(marketing mix) yaitu sebagai berikut: (Pertama)Promosi:
Menggunakan media periklanan brosur dan spanduk, mengadakan
kunjungan ke institusi-institusi dua kali seminggu, meminta referall
nasabah eksisting gadai untuk gadai baru atau Take Over, sosialisasi ke
perkumpulan ibu-ibu, penyebaran brosur..ke perumahan, melakukan
grebek pasar, dan pemberian Souvenir kepada nasabah yang
menggadaikan emas. (Kedua)Harga: Gratis biaya administrasi dan
biaya pemeliharaan barang jaminan lebih terjangkau jika dibandingkan
dengan pegadaian umum. (Ketiga) Produk: Bank Syariah Indonesia
KCP Yos Sudarso Kota Baubau menerapkan layanan gratis cuci emas,
menerima Take Over, bekerja sama dengan toko emas, dan..terkoneksi
dengan rekening tabungan. (Keempat) Distribusi (place): Bank Syariah
Indonesia KCP Yos Sudarso Kota Baubau berada ditempat yang begitu
strategis sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat.
Kata kunci: Pemasaran, gadai emas, Bank Syariah Indonesia

ABSTRACT
Muhammad Arsyah lutfi (2021). Sharia Banking Study Program of
Institut Agama Islam (IAIN) Kendari, Marketing Strategy of Gold
Pawn Rahn Products at PT. Bank Syariah Indonesia Yos Sudarso
Sub-Branch Office Bau-Bau City. Guided by Alfian Toar SP, MM
and Nurjannah, S.Kom, M.Pd.
This research aims to test the strategy of pawning gold on
products rahn Pt. Bank Syariah Indonesia Branch Office of Yos
Sudarso Kota Bau-Bau and implementation of marketing strategy in
attracting customer interest in Bank Syariah Indonesia Branch Office
Of Yos Sudarso Kota Bau-Bau. The type of research used in this study
is qualitative with data collection techniques through Observation,
Interview, and Documentation. The data analysis techniques used in
this study are data reduction (Data Reductation), data presentation
(Data Display), inference and validity of data. The validity of the data
used is engineering triangulation, source triangulation, and time
triangulation. This research was conducted based on research
procedures that produce descriptive data, in the form of written or oral
data from employees of Bank Syariah Indonesia Branch Office Yos
Sudarso Kota Bau-Bau about the procedure of marketing strategies for
marketing gold pawns and dancing.
Based on the results of research conducted by the author that
Bank Syariah Indonesia Branch Office Help yos Sudarso Kota Bau-bau
do propes planning strategy of gold pawn products (Rahn). This can be
seen from covering four variables of the marketing mix, namely as
follows: (First) Promotion: Using brochure and banner advertising
media, holding visits to institutions twice a week, asking referall
existing customers pawns for new pawns or Take Over, socialization to
the association of mothers, spreading brochures to housing, doing
market grebek, and giving souvenirs to customers who pawn gold.
(Second) Price: Free administration fees and maintenance costs of
collateral goods are more affordable when compared to general
pawnshops. (Third) Product: Bank Syariah Indonesia KCP Yos
Sudarso Kota Baubau implements free gold washing service, receives
Take Over, cooperates with gold stores, and connects with savings
accounts. (Fourth) Distribution (place): Bank Syariah Indonesia KCP
Yos Sudarso Kota Baubau is in such a strategic place that it is easily
accessible to the community.
Keywords: Marketing, gold pawn, Bank Syariah Indonesia

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata kunci: Pemasaran, gadai emas, Bank Syariah Indonesia
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pemasaran, gadai emas, Bank Syariah Indonesia
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 658 Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Manajemen Distribusi > 658.81 Manajemen Pemasaran
Ekonomi > Bank Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 15 Jul 2024 05:46
Last Modified: 15 Jul 2024 05:46
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2846

Actions (login required)

View Item View Item