ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA 3 MAN 1 KENDARI

Amin Syafaat. NIM. 17010110004, A (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA 3 MAN 1 KENDARI. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (622kB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (415kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (503kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (470kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (781kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (204kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Amin Syafaat. NIM. 17010110004. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis
Matematika Siswa Kelas XI IPA 3 MAN 1 Kendari. Dibimbing Oleh: Muhammad
Syarwa Sangila. S.Pd., M.Pd. dan Dedyerianto. S.Si., M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis
matematika siswa kelas XI IPA 3 MAN 1 Kendari. Adapun jenis penelitian ini
yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas XI IPA 3 yang berjumlah 36 siswa. Kemudian dipilih 4 siswa
untuk diwawancara lebih dalam mengenai kemampuan berpikir kritis matematika
siswa menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian ini diperoleh dari
hasil tes kemampuan berpikir kritis matematika siswa serta wawancara secara
langsung dari responden. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini
yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukan dari 36 siswa tidak ditemukan siswa yang masuk dalam kategori
kemampuan berpikir kritis tinggi, terdapat 1 orang siswa jika dipresentasikan
yaitu (2,8%) yang masuk dalam kategori kemampuan berpikir kritis sedang dan
terdapat berjumlah 35 orang dengan persentase (97,2%) yang masuk kedalam
kategori kemampuan berpikir kritis rendah. Sedangkan untuk setiap aspek
interpretasi siswa memperoleh rata rata nilai yaitu 1,86 poin dengan persentase
46,52%, sedangkan pada aspek analisis siswa memperoleh rata-rata nilai 1,77
poin jika dipresentasikan yaitu 44,44%, pada aspek evaluasi rata rata siswa
mendapat nilai 1,44 poin dengan persentase 36,11%, pada aspek menyimpulkan
rata rata nilai siswa yaitu 0,61 poin dengan persentase 15,27%. Temuan tersebut
menjelaskan bahwa kemampuan berpikir kritis matematika siswa masih tergolong
sangat rendah. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih
perlu ditingkatkan dan dilatih lebih lanjut untuk mendapatkan hasil yang
maksimal dan lebih baik.
Kata kunci: Analisis, Matematika, Kemampuan Berpikir Kritis

ABSTRACT
Amin Syafaat. NIM. 17010110004. Analysis of Critical Thinking Skill in
Mathematics of Class XI IPA 3 MAN 1 Kendari. Supervised by: Muhammad
Syarwa Sangila. S.Pd., M.Pd. and Dedyerianto. S.Si., M.Si.
This research aims to determine the critical thinking abilities in
mathematics of class XI IPA 3 MAN 1 Kendari. This type of research is
descriptive research with a qualitative approach. The subjects of this research
were 36 students in class XI IPA 3. Then 4 students were selected to be
interviewed in more depth regarding students critical mathematical thinking skills
using purposive sampling techniques. This research data was obtained from the
results of tests on students critical thinking skills in mathematics as well as direct
interviews with respondents. The data analysis techniques used in this research are
data collection, data reduction, and drawing conclusions. The results of the
research showed that out of 36 students, there were no students who fell into the
high critical thinking ability category, there was 1 student when presented, namely
(2.8%) who fell into the moderate critical thinking ability category and there were
35 people with a percentage of (97.2 %) which falls into the low critical thinking
ability category. Meanwhile, for each aspect of interpretation, students obtained
an average score of 1.86 points with a percentage of 46.52%, while in the analysis
aspect students obtained an average score of 1.77 points when presented, namely
44.44%, in the evaluation aspect the average of students got a score of 1.44 points
with a percentage of 36.11%, in the aspect of concluding the average student score
was 0.61 points with a percentage of 15.27%. These findings explain that students'
critical thinking abilities in mathematics are still very low. This shows that
students' critical thinking skills still need to be improved and trained further to get
maximum and better results.
Kata kunci: Analysis, Mathematics, Critical Thinking Skill

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata kunci: Analisis, Matematika, Kemampuan Berpikir Kritis.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Analisis, Matematika, Kemampuan Berpikir Kritis.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:10
Last Modified: 22 Aug 2024 02:10
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2896

Actions (login required)

View Item View Item