PENGETAHUAN DAN SIKAP GURU TERHADAP PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK USIA DINI DI KECAMATAN ANGGABERI KABUPATEN KONAWE

Septi Anggraeni, Nim 19010105064,, S (2024) PENGETAHUAN DAN SIKAP GURU TERHADAP PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK USIA DINI DI KECAMATAN ANGGABERI KABUPATEN KONAWE. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (717kB)
[img] Text
2.BAB I.pdf

Download (366kB)
[img] Text
3.BAB II.pdf

Download (763kB)
[img] Text
4.BAB III.pdf

Download (622kB)
[img] Text
5.BAB IV.pdf

Download (941kB)
[img] Text
6.BAB V.pdf

Download (517kB)
[img] Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (695kB)
[img] Text
8.LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Septi Anggraeni, Nim 19010105064, Pengetahuan dan Sikap Guru Terhadap
Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini di Kecamatan Anggaberi Kabupaten
Konawe (Dibimbing Oleh Dr. Masdin M.Pd dan Dr. Ros Mayasari S.Ag.,
M.Si)
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengetahuan guru terhadap
pendidikan seks pada anak usia dini dan sikap guru terhadap pendidikan seks pada
anak usia dini di Kecamatan Anggaberi Kabupaten Konawe. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data
diperoleh melalui kuesioner/angket, wawancara, observasi dan dokumentasi yang
selanjutnya dianalisis dengan menggunakan model reduksi data, penyajian data
dan panarikan kesimpulan. Triangulasi data digunakan peneliti sebagai tekhnik
pengecekan keabsahan data. Responden dalam penelitian ini berjumlah 12 guru
dalam hal ini guru di TK Negeri Mowina Anggaberi, Wasahari, Nurul Jannah,
Satu Atap Lawulo, dan Wawouanggi. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1)
Pengetahuan guru terhadap pendidikan seks pada anak usia dini di Kecamatan
Anggaberi Kabupaten Konawe yaitu pengetahuan guru terhadap pendidikan seks
pada anak usia dini sudah baik, 66% guru berada pada kategori tinggi. Adapun
sisanya 33% guru berada dalam kategori sedang, dan tidak ada pengetahuan guru
yang berada pada kategori rendah dan sangat rendah. Pada dasarnya guru juga
sudah memberikan beberapa hal mengenai pendidikan seks pada anak usia dini
seperti guru memberikan pengetahuan tentang pendidikan seks dan memahamkan
pendidikan seks pada anak usia dini, hanya saja sebagian guru juga tidak
menyadari dan mengetahui bahwa apa yang mereka ajarkan sudah merupakan
bagian dari pendidikan seks pada anak usia dini. 2) Sikap guru terhadap
pendidikan seks pada anak usia dini di ada yang setuju (99%) dan tidak setuju
(1%) untuk mengenalkan pendidikan seks pada anak usia dini. Dari 5 sekolah
yang peneliti observasi hanya 2 sekolah yang telah mengenalkan dan 3 sekolah
belum mengenalkan dan menyampaikan pendidikan seks pada anak usia dini
dengan optimal. Guru lebih memprioritaskan anak untuk bisa menulis di buku
masing-masing anak yang telah dibawa oleh anak.
Kata Kunci: Pendidikan Seks, PAUD, Guru
ABSTRACT
Septi Anggraeni, Nim 19010105064, Teachers' Knowledge and Attitudes
towards Sex Education in Early Childhood in Anggaberi District, Konawe
Regency (Supervised by Dr. Masdin M.Pd and Dr. Ros Mayasari S.Ag., M.Si)
This research aims to describe teachers' knowledge of sex education in early
childhood and teachers' attitudes towards sex education in early childhood in
Anggaberi District, Konawe Regency. This research uses a qualitative research
method with a phenomenological approach. Data was obtained through
questionnaires, interviews, observations and documentation which were then
analyzed using a data reduction model, presenting data and drawing conclusions.
Data triangulation is used by researchers as a technique for checking the validity
of the data. The respondents in this study were 12 teachers, in this case teachers
at Mowina Anggaberi State Kindergarten, Wasahari Kindergarten, Nurul Jannah
Kindergarten, Lawulo One Roof Kindergarten, and Wawouanggi Kindergarten.
The results of this research are: 1) teachers' knowledge of sex education in early
childhood is good with a score of 66% in the high category with a total of 8
teachers, for the medium category it has a score of 33% with a total of 4 teachers,
while the low and very low categories are based on There is no teacher
knowledge questionnaire regarding sex education. Basically, teachers have also
provided several things regarding sex education in early childhood, such as
teachers providing knowledge about sex education and understanding sex
education in early childhood, it's just that some teachers also don't realize and
know that what teachers teach is already part of sex education in early childhood.
2) Teachers' attitudes towards sex education in early childhood include those who
agree (99%) and disagree (1%) with introducing sex education to early
childhood. Of the 5 schools that researchers observed, only 2 schools had
introduced it and 3 schools had not introduced and delivered sex education to
early childhood optimally. Teachers prioritize children being able to write in each
child's book that the child has brought.
Keywords: Sex Education, PAUD, Teachers

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Pendidikan Seks, PAUD, Guru
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pendidikan Seks, PAUD, Guru
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 28 Aug 2024 00:44
Last Modified: 28 Aug 2024 00:44
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2940

Actions (login required)

View Item View Item