RESDIN NIM. 15010104026, R (2022) ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DI MIS MANTIGOLA KECAMATAN KALEDUPA KABUPATEN WAKATOBI. Other thesis, IAIN Kendari.
Text
1 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2 BAB I.pdf Download (557kB) |
|
Text
3 BAB II.pdf Download (678kB) |
|
Text
4 BAB III.pdf Download (596kB) |
|
Text
5 BAB IV.pdf Download (617kB) |
|
Text
6 BAB V.pdf Download (528kB) |
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (530kB) |
|
Text
8 LAMPIRAN.pdf Download (943kB) |
Abstract
ABSTRAK
RESDIN NIM. 15010104026 “Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran
MIS Mantigola Kecamatan Kaledupa Kabupaten Wakatobi”, (DIBIMBING
OLEH: Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, M.A)
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang Analisis Pemanfaatan
Media Pembelajaran MIS Mantigola Kecamatan Kaledupa Kabupaten Wakatobi
fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Pengunaan Media
Pembelajaran di MIS Mantigola Kecamatan Kaledupa Kabupaten Wakatobi (2)
Analisis Pengunaan Media Pembelajaran di MIS Kecamatan Kaledupa Kabupaten
Wakatobi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif
deskriptif yaitu dengan menggambarkan objek penelitian yang sesuai hasil
penelitian, hasil pengamatan, dan pengkajian. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan tiga metode, yakni reduksi data, display data dan
verifikasi data. Adapun pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan
trigulasi teknik, sumber dan waktu sedang sumber peneletian ini meliputi, Kepala
Madrasah, Guru, dan Siswa untuk dijadikan sebagai sumber informan sebab
peneliti menilai bahwa mereka inilah yang berkopetensi memberikan keterangan
atau data yang berhubungan erat dengan masalah yang diteliti. Hasil penelitian
menunjukan bahwa pengunaan media di Mis Mantigola yaitu mengunakan media
pemebelajaran visual, dan simulasi dimana media pembelajaran tersebut masih
kurang efektif diterapkan para Guru kepada siswa yang masih jenjang sekolah
dasar, sedangkan dengan mengunakan media tersebut peningkatan pemahaman
siswa terkait dengan materi yang telah diajarkan jauh lebih baik di bandingkan
mengajar tanpa mengunakan media, kemudian analisis pengunaan media
pembelajaran masih perlu dilakukan perbaikan karena belum scara keseluruhan
guru menerapkan pembelajaran yang berbasis media dimana masih ada sebagaian
guru yang mengajar tanpa media hal ini tentu akan mempengaruhi pemahaman
siswa dengan materi yang telah di ajarkan karena terkadang siswa akan lebih
mudah memahami apa yang di jelaskan ketika di berengi dengan media
pembelajaran sebagai salah satu penunjang dalam pembelajaran
Kata kunci, Analisis, Media, Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Kata kunci, Analisis, Media, Pembelajaran |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci, Analisis, Media, Pembelajaran |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD |
Depositing User: | Unnamed user with username asni |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 01:15 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 01:15 |
URI: | http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2943 |
Actions (login required)
View Item |