PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN MODERASI BERAGAMA PADA SISWA SMA NEGERI 1 KENDARI

Abdan Syakur. 2020010101135, A (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN MODERASI BERAGAMA PADA SISWA SMA NEGERI 1 KENDARI. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (820kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (725kB)
[img] Text
5.BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6.BAB V.pdf

Download (536kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (677kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Abdan Syakur. 2020010101135. Peran Guru Pendidikan Agama Islam
Dalam Pembinaan Moderasi Beragama Pada Siswa SMA Negeri 1 Kendari.
Dibimbing Oleh: Dr. Moh Yahya Obaid, M.Ag dan Dr. Imelda Wahyuni
S.S, M.Pd.I
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk peran dan faktor
pendukung serta penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan
moderasi beragama pada siswa SMA Negeri 1 Kendari. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field
research). Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala
sekolah, siswa, guru Pendidikan Agama Islam, dan guru-guru di SMA Negeri 1
Kendari. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kendari yang memiliki
kriteria yang tepat dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan
atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1. Peran guru Pendidikan
Agama Islam dalam membina moderasi beragama di SMA Negeri 1 Kendari
meliputi: a. Conservator sebagai guru Pendidikan Agama Islam bertanggung
jawab akan sikapnya, b. Transmitter (penerus) guru Pendidikan Agama Islam
bertindak sebagai motivator dan pembimbing, c. Innovator (pengembang) guru
Pendidikan Agama Islam berkolaborasi dengan semua guru dari berbagai agama,
d. Organizer (pelaksana) guru melaksanakan kegiatan yang diinovasikan,
e.Transformator, guru Pendidikan Agama Islam menerjemahkan nilai dengan
menjadi figur untuk murid. 2. Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam
pemembinaan moderasi beragama di sekolah meliputi: Faktor Pendukung yaitu
kekompakan antar guru Pendidikan Agama Islam dan semua civitas akademik di
SMA Negeri 1 Kendari dan kebijakan Kepala Sekolah dalam mensuport
pembinaan moderasi beragama. Adapun faktor penghambat yaitu fasilitas ibadah
yang kurang luas sehingga tidak bisa menampung seluruh siswa SMA Negeri 1
Kendari, dan juga faktor siswa dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang
semakin pesat.

Kata kunci: Peran, Guru PAI, Moderasi Beragama.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata kunci: Peran, Guru PAI, Moderasi Beragama.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Peran, Guru PAI, Moderasi Beragama.
Subjects: 200 Agama > 2X7 Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 Ilmu Sosial > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 28 Aug 2024 01:43
Last Modified: 28 Aug 2024 01:43
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2944

Actions (login required)

View Item View Item