UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBERDAYAAN TENAGA ADMINISTRASI DI SMK NEGERI 4 BAUBAU

Wa Ode Liyana, 180010103025, W (2022) UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBERDAYAAN TENAGA ADMINISTRASI DI SMK NEGERI 4 BAUBAU. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Wa Ode Liyana, 180010103025, Upaya Kepala Sekolah Dalam
Pemberdayaan Tenaga Administrasi di SMK Negeri 4 Baubau. Skripsi,
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negeri
Kendari, Dibimbing oleh: Dr. Akib, M.Pd dan Dr.H Nur Alim, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beban kerja tenaga administrasi
dan upaya kepala sekolah dalam pemberdayaan tenaga administrasi di SMK
Negeri 4 Baubau. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data
dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan
Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukan: (1) Gambaran Beban kerja Tenaga Administrasi SMK
Negeri 4 Baubau. SMK Negeri 4 Baubau memiliki tenaga administrasi dengan
tujuan melayani proses pembelajaran ataupun keperluan sekolah lainnya.
Masing-masing tenaga administrasi berjumlah satu orang dan memiliki tugas atau
beban kerja yang memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan kinerja
mereka. Hal ini dapat diketahui dalam menyelesaikan setiap tugas berdasarkan
terget waktu yang ditentukan. (2) Upaya kepala sekolah dalam pemberdayaan
tenaga administrasi di SMK Negeri 4 Baubau yaitu: a) melakukan pemberdayaan,
Kepala sekolah melakukan pemberdayaan dengan baik dan dihubungkan dengan
visi sekolahnya. Kemudian kepala sekolah melakukan pemberdayaan dan
mengarahkan pegawai sehingga para pegawai lainnya dapat mencontoh apa yang
telah dilakukan kepala sekolah. 2.) Menjalin komunikasi, Komunikasi berperan
penting dalam interaksi social di tempat kerja, sebagai alat untuk
mendayagunakan, bekerja melalui orang lain. Karena itu saya sebagai kepala
sekolah selalu menjalin komunikasi dengan pegawai lain, agar dalam
memanajemen sebuah pekerjaan dapat dilakukan dengan baik. 3). Menguatkan
kerja tim. Kerja sama tim ini dilakukan dengan cara melakukan komunikasi
dengan baik, mengadakan rapat Bersama, mengikutsertakan pegawai untuk
mengikuti pelatihan agar dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam
melakukan tugasnya dan dapat menambah pengetahuan mereka. Selain itu, saya
sebagai kepala sekolah mendorong pengembangan pribadi dengan cara
memberikan kepercayaan dan wewenang terhadap tugas yang mereka lakukan.
Kata Kunci : Upaya Kepala Sekolah, Tenaga Administrasi, Upaya Pemberdayaan.

ABSTRACT
Wa Ode Liyana, 180010103025, Upaya Kepala Sekolah Dalam
Pemberdayaan Tenaga Administrasi di SMK Negeri 4 Baubau. Dibimbing
oleh: Dr. Akib, M.Pd dan Dr.H Nur Alim, M.Pd
This study aims to determine the workload of administrative staff and the
principal's efforts in empowering administrative staff at SMK Negeri 4 Baubau.
This study uses a qualitative method. Data was collected using observation,
interview, and documentation techniques. Data analysis was carried out using the
Miles and Huberman model, namely data reduction, data presentation, and
drawing conclusions. The results of the study show: (1) Description of the
Workload of Administrative Staff at SMK Negeri 4 Baubau. SMK Negeri 4
Baubau has administrative staff with the aim of serving the learning process or
other school needs. Each administrative staff is one person and has a task or
workload that has a positive influence in improving their performance. This can
be seen in completing each task based on the specified time target. (2) The efforts
of the school principal in empowering administrative staff at SMK Negeri 4
Baubau, namely: a) carrying out empowerment, the principal does empowerment
well and is linked to the school's vision. Then the principal empowers and directs
employees so that other employees can emulate what the principal has done. 2.)
Establish communication. Communication plays an important role in social
interaction at work, as a tool for utilizing, working through other people. Because
of that, I, as the principal of the school, always communicate with other
employees, so that in managing a job I can do it well. 3). Strengthen teamwork.
This teamwork is carried out by communicating well, holding joint meetings,
involving employees to take part in training so that they can improve their ability
to carry out their duties and can increase their knowledge. In addition, I as a
school principal encourage personal development by giving trust and authority to
the tasks they do.
Keywords: Principal Efforts, Administrative Personnel, Empowerment Efforts.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci : Upaya Kepala Sekolah, Tenaga Administrasi, Upaya Pemberdayaan.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Upaya Kepala Sekolah, Tenaga Administrasi, Upaya Pemberdayaan.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 27 Sep 2024 01:27
Last Modified: 27 Sep 2024 01:27
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3272

Actions (login required)

View Item View Item