EKSISTENSI SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH (Studi pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Konawe Selatan)

Ernawati R., NIM. 15040202005,, E (2021) EKSISTENSI SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH (Studi pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Konawe Selatan). Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Ernawati R., NIM. 15040202005, Eksistensi Sekolah Ramah Anak dalam
Pembinaan Akhlakul Karimah (Studi pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Konawe
Selatan), (Dibimbing oleh: Dr. Hj. Hadi Machmud, M.Pd dan Dr. Ros
Mayasari, S.Ag., M.Si)
Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif dengan jenis penelitian
case study research (studi kasus) dan bersifat deskriptif yang bertujuan untuk
mendeskripsikan dan menganalisis: 1) Perumusan program sekolah ramah anak
dalam pembinaan akhlakul karimah murid. 2) Pelaksanaan sekolah ramah anak
dalam pembinaan akhlakul karimah. 3) Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan
sekolah ramah anak dalam pembinaan akhlakul karimah di Madrasah Ibtidaiyah
Negeri 2 Konawe Selatan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tekhnik analisis
deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Konawe
Selatan selama 3 (tiga) bulan sejak Juni sampai Agustus 2019. Pengumpulan data
penelitian dilakukan dengan tekhnik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Analisis data dilakukan melalui reduksi data, display data, dan verifikasi data.
Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber, teknik dan
waktu.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Perumusan program
sekolah ramah anak dalam pembinaan akhlakul karimah murid di Madrasah
Ibtidaiyah Negeri 2 Konawe Selatan yakni dengan menetapkan tujuan sekolah
terlebih dahulu, setelah tujuan sekolah dirumuskan maka dilanjutkan dengan
mengidentifikasi dan menganalisis data terkait dengan masalah yang ada. Kepala
sekolah, guru, dan komite sekolah melakukan identifikasi terhadap kondisi
sekolah dengan cara evaluasi diri sekolah. Tahap selanjutnya membandingkan
kondisi yang dimiliki sekolah dengan persyaratan untuk menjadi sekolah ramah
anak. 2) Pelaksanaan sekolah ramah anak dalam pembinaan akhlakul karimah di
Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Konawe Selatan, yakni dengan menciptakan
lingkungan belajar yang bersih, tenang dan menyenangkan bagi siswa. Dalam
pembelajaran guru menyelipkan standar kompetensi membiasakan perilaku terpuji
pada siswa. Pada kegiatan ekstrakurikuler salah satu pembinaan akhlak peserta
didik sekolah mengadakan kegiatan sholat berjamaah setiap hari baik sholat
sunnat dhuha maupun sholat dhuhur secara berjamaah. 3) Faktor yang
mempengaruhi pelaksanaan sekolah ramah anak dalam pembinaan akhlakul
karimah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Konawe Selatan yakni faktor
pendukung berupa dukungan dari kepala sekolah, guru, komite sekolah, orang tua
murid dan masyarakat sekitar. Ketersediaan sarana dan prasarana seperti sanitasi,
kantin, lapangan tempat bermain, unit kesehatan sekolah, perpustakaan, ruang
bahasa, ruang bimbingan konseling dan kelas yang menunjang siswa untuk belajar
dengan nyaman dan aman.
viii

ABSTRACT
Ernawati R., NIM. 15040202005, The Existence of Child Friendly Schools in
Developing Good Morals (Study at State Primary School 2 South Konawe),
(Supervised by: Dr. Hj. Hadi Machmud, M.Pd and Dr. Ros Mayasari, S.Ag.,
M.Sc)
This study uses qualitative approach with a type of case study research
(case study) and is descriptive in nature which aims to describe and analyze: 1)
The formulation of a child-friendly school program in fostering student morals. 2)
Implementation of child-friendly schools in fostering morality morals. 3) Factors
that influence the implementation of child-friendly schools in the fostering of
moral conduct in the State Primary School 2 South Konawe.
This type of research is a qualitative research with descriptive analysis
techniques. The study was conducted at State Primary School 2 South Konawe for
3 (three) months from June to August 2019. The collection of research data was
carried out with interview, observation and documentation techniques. Data
analysis is performed through data reduction, data display, and data verification.
Checking the validity of the data is done through triangulation of sources,
techniques and time.
The results of this study reveal that: 1) The formulation of a child-friendly
school program in fostering the morality of students in the State Primary School 2
South Konawe namely by setting school goals in advance, after school goals are
formulated, then proceed with identifying and analyzing data related to existing
problems. The school principal, teacher, and school committee identify the
condition of the school by means of a school self-evaluation. The next step
compares the conditions that the school has with the requirements to be child
friendly. 2) The implementation of a child-friendly school in the development of
moral conduct in the State Primary School 2 South Konawe, namely by creating a
learning environment that is clean, quiet and pleasant for students. In learning the
teacher slips the standard of competence to get good behavior from students. In
extracurricular activities, one of the moral training of school students is to hold
daily prayers in congregation, both Dhuha prayer and Dhuha prayer in
congregation. 3) Factors that influence the implementation of child-friendly
schools in the fostering of moral conduct in the State Primary School 2 South
Konawe namely supporting factors in the form of support from the principal,
teachers, school committees, parents of students and surrounding communities.
Availability of facilities and infrastructure such as sanitation, canteen, playing
field, school health unit, library, language room, counseling guidance room and
class that support students to learn comfortably and safely.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci : Madrasah Ibtidaiyah
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 200 Agama > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 02 Oct 2024 01:02
Last Modified: 02 Oct 2024 01:02
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3343

Actions (login required)

View Item View Item