UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI SMP KESEHATAN MANDONGA KENDARI

Salbia, NIM. 2020040202009, S (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI SMP KESEHATAN MANDONGA KENDARI. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Salbia, NIM. 2020040202009 “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SMP Kesehatan
Mandonga Kendari”, Dibimbing Oleh (Prof. Dr. Zulkifli Musthan, M.Si.,
M.Pd.I., Sebagai Pembimbing I dan Dr. H. Moh. Yahya Obaid, M.Ag.,
Sebagai Pembimbing II)
Penelitian ini membahas tentang upaya guru pendidikan agama Islam
dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa di SMP Kesehatan
Mandonga Kendari, dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui dan
menganalisis upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan
kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa di SMP Kesehatan Mandonga Kendari.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan Tehnik pengumpulan data
wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesismpulan.
Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data,
triangulasi teknik triangulasi waktu dan member chek.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Tingkat kemampuan membaca Al
Qur‟an siswa di SMP Kesehatan Mandonga Kendari secara keseluruhan bisa
dikatakan cukup mampu membaca Al-Quran. Namun ada siswa yang belum bisa
membaca Al-Quran dalam tingkatan rendah 35%, dan tingkatan sedang 20%, dan
yang mampu membaca Al-Quran 45%. 2) Upaya guru pendidikan agama Islam
dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa yaitu
mengelompokan siswa melalui program tadarus bagi yang sudah bisa membaca
Al-Quran dan program BTQ bagi siswa yang belum bisa membaca Al-Quran dan
membuat program tadarus bersama wali kelas. Sedangkan metode yang
digunakan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan
membaca Al-Quran siswa adalah metode Iqra‟ dan metode Al-Baghdadi. 3)
Faktor yang mendukung upaya guru pendidikan agama Islam dalam
meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa SMP Kesehatan Mandonga
Kendari yaitu walikelas yang membantu dalam mendidik dan membimbing
membaca Al-Quran, perhatian dan minat siswa dalam mempelajari membaca Al
Quran, dan faktor orang tua yang mendidik anaknya untuk mengaji di rumah atau
di TPA. Sedangkang Faktor penghambatnya yaitu dari segi siswa itu sendiri,
beragamnya kemampuan dan kemauan siswa, serta latar belakang keluarga yang
bervariasi.
Kata Kunci: Upaya Guru PAI, Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa
ABSTRACT
Salbia, NIM. 2020040202009 "Efforts of Islamic Religious Education Teachers
in Improving the Ability to Read the Qur'an for Students at Mandonga Kendari
Health Junior High School", Guided by (Prof. Dr. Zulkifli Musthan, M.Si.,
M.Pd.I. , As Supervisor I and Dr. H. Moh. Yahya Obaid, M.Ag., as
Supervisor II)
This study discusses the efforts of Islamic religious education teachers in
improving the ability to read the Qur'an for students at Mandonga Kendari Health
Junior High School, with the purpose of the study being to find out and analyze
the efforts of Islamic religious education teachers in improving the ability to read
the Qur'an for students at Mandonga Kendari Health Junior High School . This
type of research is qualitative research with data collection techniques for
interviews, observations and documentation. The data analysis techniques used in
this study are data reduction, data presentation and conclusion drawing
/verification. Meanwhile, checking the validity of data using data source
triangulation, time triangulation triangulation techniques and chek members.
The results showed that: 1) The level of ability to read the Qur'an of
students at Mandonga Kendari Health Junior High School as a whole can be said
to be quite capable of reading the Qur'an. However, there are students who have
not been able to read the Quran in the low level of 35%, and the medium level of
20%, and who are able to read the Quran 45%. 2) The efforts of Islamic religious
education teachers in improving students' ability to read the Quran are grouping
students through the tadarus program for those who can read the Quran and the
BTQ program for students who cannot read the Quran and create a tadarus
program with the homeroom teacher. Meanwhile, the methods used by Islamic
religious education teachers in improving students' ability to read the Quran are
the Iqra' method and the Al-Baghdadi method. 3) Factors that support the efforts
of Islamic religious education teachers in improving the ability to read the Quran
for students of Mandonga Kendari Health Junior High School are class guardians
who help in educating and guiding the reading of the Quran, students' attention
and interest in learning to read the Quran, and parents who educate their children
to study at home or in the landfill. Meanwhile, the inhibiting factors are in terms
of the students themselves, the variety of abilities and will of the students, as well
as varied family backgrounds.
Keywords: PAI Teachers' Efforts, Students' Ability to Read the Qur'an

اٍبلاس ، ، . :مٍو . ۲۰۰۲۰۲۰۲۰۰۲۰۲ " تٍملاسلإا تٍىٌدلا تٍبرتلا ًملعم دىهج ًف
تٍحصلا يرادىٍك اغوودوام تسردم ًف بلاطلل مٌركلا نآرقلا ةءارق ىلع ةردقلا هٍسحت
"تٌدادعلإا ، .ناثسىم ًلفكلا وذ رىتكدلا ذاتسلأا( ب ادشرتسم .دو اوأ افرشم ًتفصب ، .ي
،دٍبع ىٍحٌ .يىم )اٍواث افرشم

ٟف خ١ِلاسلإا خ١ٕ٠ذٌا خ١ثشزٌا ٍّٟؼِ دٛٙع خساسذٌا ٖز٘ صلبٕر ٍٝػ حسذمٌا ٓ١سحر
خ٠داذػلإا خ١حصٌا ٞساذٕ١و بغٔٚذٔبِ خسسذِ ٟف ةلاطٌٍ ُ٠شىٌا ْآشمٌا حءاشل خساسذٌا فذٙث ،
ْآشمٌا حءاشل ٍٝػ حسذمٌا ٓ١سحر ٟف خ١ِلاسلإا خ١ٕ٠ذٌا خ١ثشزٌا ٍّٟؼِ دٛٙع ً١ٍحرٚ خفشؼِ
.خ٠داذػلإا خ١حصٌا ٞساذٕ١و بغٔٚذٔبِ خسسذِ ٟف ةلاطٌٍ ُ٠شىٌا . ِٓ عٌٕٛا از٘ ٛ٘ سٛحجٌا
دبٔب١جٌا ً١ٍحر دب١ٕمر .ك١صٛزٌاٚ دبظحلاٌّاٚ دلاثبمٌٍّ دبٔب١جٌا غّع دب١ٕمر غِ ٟػٛٔ شحث
دبٔب١جٌا ضشػٚ دبٔب١جٌا ِٓ ذحٌا ٟ٘ خساسذٌا ٖز٘ ٟف خِذخزسٌّا ِٓ كمحزٌا / صلاخزساٚ
.طبزٕزسلاا َاذخزسبث دبٔب١جٌا خحص ِٓ كمحزٌا ، ٗسفٔ ذلٌٛا ٟفٚ دبٔب١جٌا سذصِ ش١ٍضر ،
ِٟٕضٌا ش١ٍضزٌا ش١ٍضر دب١ٕمرٚ ءبضػأٚ ه١شر .
:ٍٟ٠ بِ ظئبزٌٕا دشٙظأ ۱ ٜذٌ ْآشمٌا حءاشل ٍٝػ حسذمٌا ٜٛزسِ ْإ يٛمٌا ٓىّ٠ )
.ْآشمٌا حءاشل ٍٝػ بِبّر سدبل ًىو خ٠داذػلإا خ١حصٌا ٞساذٕ١و بغٔٚذٔبِ خسسذِ ٟف ةلاطٌا
سّث ُ٠شىٌا ْآشمٌا حءاشل ِٓ إٛىّز٠ ٌُ بثلاط نبٕ٘ ْأ لاإ ؾٍث طفخِٕ ٜٛز ٪۳۵ ٜٛزسِٚ ،
ظسٛزِ ۰۲ خجسٕث ُ٠شىٌا ْآشمٌا حءاشل ٍٝػ ْٚسدبلٚ ،۵ ٪۲ .۵ ۲ خ١ثشزٌا ٍّٟؼِ دٛٙع ْإ )
ِٓ ةلاطٌا غ١ّغر ٟ٘ ُ٠شىٌا ْآشمٌا حءاشل ٍٝػ ةلاطٌا حسذل ٓ١سحر ٟف خ١ِلاسلإا خ١ٕ٠ذٌا
ظِبٔشثٚ ُ٠شىٌا ْآشمٌا حءاشل ْٛؼ١طزس٠ ٓ٠زٌا هئٌٚلأ طٚسادبر ظِبٔشث يلاخ ٓ٠زٌا ةلاطٌٍ
ٟفٚ .خ١ٌضٌّٕا خفشغٌا ٍُؼِ غِ طٚسادبر ظِبٔشث ءبشٔإٚ ُ٠شىٌا ْآشمٌا حءاشل ْٛؼ١طزس٠ لا
حسذل ٓ١سحر ٟف خ١ِلاسلإا خ١ٕ٠ذٌا خ١ثشزٌا ٍّٛؼِ بِٙذخزس٠ ٟزٌا ت١ٌبسلأا ْإف ،ٗسفٔ ذلٌٛا
.ٞداذغجٌا خم٠شطٚ أشلا خم٠شط ٟ٘ ْآشمٌا حءاشل ٍٝػ ةلاطٌا ۳ ػذر ٟزٌا ًِاٛؼٌا ) دٛٙع ُ
خسسذِ ةلاطٌ ُ٠شىٌا ْآشمٌا حءاشل ٍٝػ حسذمٌا ٓ١سحر ٟف خ١ِلاسلإا خ١ٕ٠ذٌا خ١ثشزٌا ٍّٟؼِ
ٗ١عٛرٚ ُ١ٍؼر ٟف ْٚذػبس٠ ٓ٠زٌا فصٌا سِٛأ ءب١ٌٚأ ُ٘ خ٠داذػلإا خ١حصٌا ٞساذٕ١و بغٔٚذٔبِ
ٓ٠زٌا سِٛلأا ءب١ٌٚأٚ ، ْآشمٌا حءاشل ٍُؼزث ُِٙبّز٘اٚ ةلاطٌا ٖبجزٔاٚ ، ْآشمٌا حءاشل ٍّْٛؼ٠
ٟ٘ خطجضٌّا ًِاٛؼٌا ْإف ، ٗسفٔ ذلٌٛا ٟفٚ .دب٠بفٌٕا تىِ ٟف ٚأ يضٌّٕا ٟف خساسذٌٍ ٌُٙبفطأ
خ٠شسلأا دب١فٍخٌا ٓػ لاضف ، ةلاطٌا حداسإٚ داسذل عٕٛرٚ ، ُٙسفٔأ ةلاطٌا ش١ح ِٓ
.خػٕٛزٌّا

:تٍحاتفملا ثاملكلا مٌرك

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Upaya Guru PAI, Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Upaya Guru PAI, Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa
Subjects: 200 Agama > 297.122404 Bacaan Al-Qur'an, Membaca AlQur'an
300 Ilmu Sosial > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 03 Oct 2024 00:23
Last Modified: 03 Oct 2024 00:23
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3356

Actions (login required)

View Item View Item