MANAJEMEN ORGANISASI PELAJAR PONDOK MODERN (OPPM) DALAM MEMBENTUK JIWA KEPEMIMPINAN PENGURUS DI PESANTREN GONTOR PUTRI KAMPUS 5 KONDA SULAWESI TENGGARA

Sulfiah Sari 2020050201017,, S (2023) MANAJEMEN ORGANISASI PELAJAR PONDOK MODERN (OPPM) DALAM MEMBENTUK JIWA KEPEMIMPINAN PENGURUS DI PESANTREN GONTOR PUTRI KAMPUS 5 KONDA SULAWESI TENGGARA. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
COVER DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (474kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (623kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Sulfiah Sari 2020050201017, “Manajemen Organisasi Pelajar Pondok Modern
(OPPM) dalam Membentuk Jiwa Kepemimpinan Pengurus Di Pesantren Gontor
Putri Kampus 5 Konda Sulawesi Tenggara”. Pembimbing I: Dr. H. Abdul Kadir,
M.Pd. dan Pembimbing II: Dr. H. Moh. Yahya Obaid, M.Ag.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis manajemen OPPM
dalam membentuk jiwa kepemimpinan pengurus OPPM di Pondok Pesantren
Gontor Putri 5 dan mendeskripsikan kepemimpinan pengurus OPPM dalam
melaksanakan tugas di Pondok Pesantren Gontor Putri 5Konda Sulawesi Tenggara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah wakil Pengasuh Pondok
Pesantren, tenaga pengajar/Ustadz/Ustazah (bagian pengasuhan santriwati), dan
Pengurus OPPM yang terkait dengan kegiatan usaha pembentukan Jiwa
Kepemimpinan Pengurus OPPM Di Pondok Pesantren Gontor Putri 4. Tehnik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, dan observasi.
Teknik analisis data pada tesis ini menggunakan model Miles dan Huberman
melalui empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan
penarikan kesimpulan atau verifikasi, hasil temuan ditulis dalam bentuk deskriptif.
Manajemen Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM) dilaksanakan untuk
membentuk jiwa kepemimpinan pengurus OPPM di Pondok Modern Darussalam
Gontor Putri 5(PMDG) dengan menerapkan prinsip manajemen organisasi yang
tersistematis, terstruktur dan konsisten sesuai dengan fungsi-fungsi manajemen
(perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan) dan sistem
kurikulum kepondokan (kurikuler, ekstrakurikuler dan kokurikuler) yang berbeda
dengan kurikulum nasional; kemudian Pengurus Organisasi Pelajar Pondok
Modern (OPPM) sebagai pembina santriwati junior terbentuk jiwa
kepemimpinannya disaat melaksanakan tugas fungsi manajemen Organisasi Pelajar
Pondok Modern setelah mengikuti pengkaderan, pendisiplinan, pengalaman dan
pemberian tanggung jawab dari sejak kelas I sampai kelas IV dengan ditunjang
sarana dan prasarana yang ada di lingkungan PMDG, sebagai media belajar yang
dipadukan antara teori dan praktek dalam aktivitas santriwati selama 24 jam, di
mana landasannya itu terikat pada landasan normatif kepondokmodernan yaitu
filosofis PMDG yang di dalamnya mengimplementasikanَFikrah, Ṣibgah, Khittah,
dan Ansyita. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa sistem manajemen pembentukan
jiwa kepemimpinan sudah berjalan dengan baik, sedangkan pembentukan jiwa
kepemimpinan pengurus OPPM terbentuk sebelum dan setelah diberikan tugas dan
tanggung jawab dalam membina santriwati kelas I sampai kelas IV.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Manajemen, OPPM, PMDG.
يرجتلا

ر يراس ةيفلس ةﻳﻮﻫ ﻢﻗ ا اﻄﻟ ةبﻟ ٢٠٢٠٠٤٠٢٠١٠١٧ “ ةرادإ ةمظنم ﻄﻟا تابﻟا دهعمب
يرصعﻟا ةﻳدايقﻟا حور نﻳﻮكت يف لﻟ وؤسم ﻟ ي تا ﻟا ةمظنم ﻄﻟا ةبﻟا ب راد دهعم رﻮتنﻮك ملاسﻟا
ﻟا مرحﻟا تانبلﻟ سماخ ةيبرتلﻟ ،ةثﻳدحﻟا ةيملاسلإا يسﻳولاﻮس قرش بﻮنج ،ادنﻮك . :فرشمﻟا
١ رداقﻟا دبع جاحﻟا رﻮتكدﻟا. ريتسجامﻟا ، ٢ . جاحﻟا رﻮتكدﻟا ديبع ىيحﻳ دمحم ريتسجامﻟا
َثحبلاَفدهي نع َ ةمظنمَةرادإ َ يرصعلاَدهعمبَتابلاطلا َ َنيوكتَيف دايقلاَحور َةي َتايلوؤسملل
ةبلاطلاَةمظنملا َ رادَدهعمب َ َمرحلاَتانبللَروتنوكَملَسلا سماخلا َ ثيدحلاَةيملَسلإاَةيبرتلل ىلإَة َ
ءاصقتسا َ و َ َليلحت َةمظنمَةرادإ لا ط تابلا َ دايقلاَحورَنيوكتَيف َةي َملَسلاَرادَدهعمبَتابلاطلل
َمرحلاَتانبللَروتنوك سماخلا َ ثيدحلاَةيملَسلإاَةيبرتلل ة َ و فصوَىلإ َ ةدايق َ ةمظنملاَتاربدم َ
َذيفنتَيف بَتابجاولا دهعم َ ثيدحلاَةيملَسلإاَةيبرتللَعبارلاَمرحلاَتانبللَروتنوكَملَسلاَراد ة َ
. ذهَمدختسي ثحبلاَا َ َاجهنم يفصولاَوَيعونلا َ. َو ثحبلاَاذهَعوضوم َ وه َ ةياعرلاَنوؤشَديمع َ
َمسق(َتاذاتسلأاَوَةذتاسلأاَنمَسردملاَوَفرشلإاو َوَ،)ةبلطلاَةياعر َةمظنملاَتاربدم يتلَلا َ
تلْواحمبَةقلَعلاَاهل َ ليكشت َ حور َ دايقلا َتابلاطلاَسوفنَيفَةي َتانبللَروتنوكَملَسلاَرادَدهعمب
لا َمرح سماخلا َ َةيملَسلإاَةيبرتلل ةثيدحلا َمدختسإَ،ثحبلابَةقلعتملاَتانايبلاَىلعَلوصحللوَ.
لوَ.ةدهاشملاَجهنملاوَةلباقملاَجهنملاَثحبلاَاذه ةحورطلأاَهذهَيفَتانايبلاَليلحت ، َ َاذهَمدجتسإ
َثحبلا جذومن َ وَسليم نامربوه َ ةعبرلأاَلحارمَللَخَنم يهوَ، ؛ َ وَتانايبلاَعمج َ َتانايبلاَليلقت
َمثَتانايبلاَضرعو ققحتلاَوأَجئاتنلاَصلَختسا َ، و ت يفصوَلكشَيفَثحبلاَاذهَجئاتنَبتك . َ
َيهو ةمظنمَةرادإ َ يرصعلاَدهعمبَتابلاطلا َ دايقلاَحورَنيوكتَيف ةي َ َملَسلاَرادَدهعمبَتابلاطلل
َمرحلاَتانبللَروتنوك سماخلا َ ثيدحلاَةيملَسلإاَةيبرتلل ة َ بطت ق َ َةيميظنتلاَئدابم ا ةمظنمل َ
لاو ةقسنم َ ةرادلإاَفئاظولَاقفو َ َو جهنم َ بَميلعتلا ةيلك َ ملعملا ني َ يملَسلإا ة َ َيذلا زيمتي َ نع َ م جهن َ
ميلعتلا َ ينطولا َ، َمث لاَتاربدمَموقت ةمظنم َ َلوصحلاَدعبَراغصلاَتابلاطَىلعَفارشلإاَتابجاوب
َنمَةيادبَةيلؤسملاَءاطعإبَبادتنلْاوَتاربخلاوَطابضنلْاوَدادعلإاَىلع َلولأاَفصلا َيلا
بارلاَفصلا ةماعدبَع َ نم َ قفارملا َ ةيميلعتلا َ ةيتحتلاَةينبلاو َ ب َتانبللَروتنوكَملَسلاَرادَدهعم
اَمرحلا َ سماخلا َ ثيدحلاَةيملَسلإاَةيبرتلل َ،ة ةليسولاكَيهو َ لا قيبطتلاوَةيرظنلاَنيبَعمجتَةيميلعت َ
ََتابلاطلاَطاشنَيف َ،ةعاسَنورشعوَعبراَةدمل َثيح لاَدهعملاَنوؤشَسسأبَكلذَطبتري َيرصع
َةفسلفَيهو م روتنوكَملَسلاَرادَدهع َ وَةغبصلاوَةركفلاَاهيفَذفنتَثيح ةطخلا َ َةطشنلأاو مل َدهع
روتنوكَملَسلاَراد َ ا َ.ةثيدحل ةساردلاَهذهَجئاتنَتدجو َ ىرجَدقَاهنأ َ ماظن َ ةرادلإا َ َحورَنيوكتل
وَبادتنلْاَلبقَمتيَةمظنملاَتاربدمَسوفنَيفَةيدايقلاَحورَليكشتَوَانسحَايرجَةيدايقلا َهدعب
َتابلاطلاَفارشإَىلعَتايلوؤسملاَفيلكتبَمتيَو عبارلاَفصلاَىلإَلولأاَفصلاَنم .
َ
،ةدايقﻟا ،ةرادلإا :ةيحاتفمﻟا تاملكﻟا تابﻟاﻄﻟا ةمظنم ةرادإ تانبلﻟ رﻮتنﻮك ملاسﻟا راد دهعمب
مرحﻟا سماخﻟا ،ةثﻳدحﻟا ةيملاسلإا ةيبرتلﻟ ملاسﻟاراد دهعم رﻮتنﻮك ةيملاسلإا ةيبرتلﻟ
.ةثﻳدحﻟا

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Kepemimpinan, Manajemen, OPPM, PMDG.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kepemimpinan, Manajemen, OPPM, PMDG.
Subjects: 200 Agama > 2X7 Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam > 2X7.341 Pondok Pesantren
300 Ilmu Sosial > 303 Proses Sosial > 303.3 Koordinasi dan Kontrol Koordinasi dan Kontrol > 303.34 Kepemimpinan
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 03 Oct 2024 01:38
Last Modified: 03 Oct 2024 01:38
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3361

Actions (login required)

View Item View Item