MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS IV SDN WAWONGGOLE KABUPATEN KONAWE

Juliyanti. NIM. 19010104011., J (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS IV SDN WAWONGGOLE KABUPATEN KONAWE. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Juliyanti. NIM. 19010104011. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui
Model Problem Based Learning Berbantuan Alat Perga Pada Siswa Kelas IV
SDN Wawonggole Kabupaten Konawe. Dibimbing oleh: Dr. Abdul Kadir, M.Pd
dan Amanda La Hadi, M.Pd

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan
untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model Problem Based
Learning berbantuan alat peraga di kelas IV SDN Wawonggole Kabupaten Konawe.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan masing-masing
siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pelaksanaan ini dikatakan berhasil karena
diperoleh skor rata-rata hasil belajar siswa ranah kognitif siklus I yaitu 78.57 dengan
ketuntasan klasikal 82.14 % mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pada
siklus II sebesar 87.57 dengan ketuntasan klasikal 92,85%. Hasil belajar siswa ranah
afektif siklus I diperoleh nilai 90.17% dengan rata-rata 10.82 mengngalami
peningkatan pada siklus ke II diperoleh nilai rata-rata 11.17 dengan presentase
93.15%. Hasil belajar siswa ranah psikomotor siklus I diperoleh nilai rata-rata 7
dengan presentase 87.5% mengalami peningkatan ke siklus II diperoleh nilai ratarata

7.25 dengan presentase 90.62%. Dengan demikian, penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantuan
alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN
Wawonggole Kabupaten Konawe.

Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Alat Peraga dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Model Problem Based Learning, Alat Peraga dan Hasil Belajar.
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Alat Peraga dan Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 09 Nov 2023 06:03
Last Modified: 09 Nov 2023 06:03
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/451

Actions (login required)

View Item View Item